Monday, May 25, 2015

Biaya Service Besar Ninja RR

Brosis ....

Akhirnya, hari ini tanggal 21-Mei-2015, saatnya si kuda besi (Ninja RR) di overhaul / service besar.
Menurut teknisinya sih harusnya tiap 15000KM harus di servis besar, cuman kelupaan dan keenakan ..ya sudah lah ....ampe 21000KM deh kwwkwk.

Sebenernya di artikel saya sebelumnya, menginjak 21000KM ini nggak ada masalah yang berarati, enak2x aja ...ya cuman dipaksa oleh teknisi kawasakinya ..ya terpaksa deh di bongkar tuh mesin.

Service Besar

Service Besar

Proses bongkarnya sih cepet, bongkar fairing kanan dan kiri, lepas kuping kips dan kuping HSAS, lepas tutup blok mesin, dan lepas blok mesin.

pas kuping kips dan kuping HSAS di buka, ternyataaaaa keraknya bukan main tebelnya, bangeettt ampe baut didalamnya pun ketutup kerak :P.

Kerak Hasil Pembakaran Setelah 21000KM

Kerak Mesin Ninja RR

Kerak Pembakaran di blok mesin sebelah kiri





Untuk dinding blok mesin masih bisa dikatakan masih bagus, yang harus di ganti adalah seher / piston karna sudah nggak layak katanya ..gosong bro pistonnya .plus perintilannya ganti semua, ring ini lah ring itu dll ...

Blok Mesin Setelah Menempuh 21000KM

Service Besar Blok Mesin 1855 Ninja RR

Stang Seher Ninja RR

Seher / Piston Setelah Menempuh 21000KM

Kalo udah pernah service besar begini saya jadi mikir, jikalau saya rutin service besarnya, mungkin piston masih bisa tertolong (maksudnya nggak usah ganti), jd buat km" pada yang belum / males service besar buruan deh dibersiin, lebih cpt lbih bagus, klo kelamaan ntar boring blok mesinnya bisa tergores loh, klo sudah begini harus ganti blok mesin kyang harganya 2.2juta untuk blok 1855 (harga per mei 2015) klo ngggak mau ganti blok baru ya cara kedua ya dihaluskan...tp performa tdk akan kembali ke asal :)

Kesimpulan setelah melakukan service besar adalah
  1. Klo bisa, lakukan service besar serutin mungkin (apalagi jika umut motor sudah tua), untuk menghindari kerusakan parah di mesin ....
  2. Tiap kali service mesin, mostly untuk ninja RR piston selalu ganti / karna udah gosong, plus ring2xnya
  3. Biasanya abis servis besar, motor harus di inreyen lagi ..karna ada banyak/beberapa parts yang di ganti, biasanya sekitar 1-2 minggu atau 200KM..abis itu mangga di geber !!!
  4. Tarikan motor jadi ringan banget, akselerasi jadi lebih enteng dan suara knalpot jadi lebih garing gemrincing hehehe....
  5. Temperatur motor juga nggak gampang panas, karna air radiator dibersihkan plus airnya diisi ulang.
  6. Biaya sebenernya tergantung dari banyak tidaknya part yang diganti , tapi kebanyakan udah pasti di atas 500rb (jika dilakukan di bengkel resmi).

Untuk biaya, saya kmren habis 1.8juta, piston, ring set piston, ring o luar dan dalam, gasket, dll (foto kuitansi menyusul ya)

OK bro,



31 comments:

  1. oh ya mas numpang nanya.. hehehe.. setelan oli samping sudah diborosin ato ngikut standarnya? maklum lg gali info.. hehehe

    ReplyDelete
  2. Skr agak diborosin dikit gan :)

    ReplyDelete
  3. Ohh.. hahaa.. Kalau sebelum service besar settingannya gmn mas? wkkwkw

    ReplyDelete
  4. Oia mas didit, setelah servis besar/ganti seher,
    Gimana ferporma awal motor mas..

    ReplyDelete
  5. Mas didit mau tanya, setelah servis besar/ ganti seher,
    Ferporma awal nya gimana mas..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama kali kan harus inreyen, jd ga bisa geber2x dulu, setelah itu tarikan lbh enteng plus suara krr krr menjadi berkurang

      Delete
  6. Bro tlong rinciin harga biar detail,mau Service besar juga dan nunggunya lama gak tuh... Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf banget bro, struk dari dealernya udah ilang entah kmn, biasanya klo service besar seharian (datang pagi klo bisa).

      biaya sekitar 600-700rban udah termasuk jasanya klo yang diganti cuman piston dan ringnya

      Delete
  7. Owh kirain ditinggal motornya....
    Itu udah termasuk Service kips sma ganti oli gak...
    Tpi dnger dnger kalo di beres montirnya pda ngakalin,emang bner gitu yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak termasuk ganti oli, klo service kips udah termasuk kalau ngakalin kayaknya nggak sih bro, makanya pas mereka minta ganti dicek dulu partnya apakah memang perlu di ganti or ga / bandingin sama yang baru

      Delete
    2. Numpang tanya bro,ninja rr ane klo stang di belokin ke kiri kok tmpat minyak rem depan mentok fairing yang sambungan windshield,,,,
      Mhon pencerahan..

      Delete
    3. untungnya nggak baret, klo misal baret halus masih bisa dipake kok, tp kompresi akan turun, tenaga pasti turun (tp gak terlalu kerasa baget).

      pake stang ori ? coba baut minyak remnya di kendorin lalu puter ke atas..

      Delete
    4. Iya stang ori bro,, klo belok ke kiri mentok... Ok nanti dicoba... Thankss

      Delete
  8. bro... klo servis,gnti olimesin&gnti lampu depan hbs brp..???,Newbei.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi bro, servis di beres biasanya cmn perawatan/pembersihan (kips,busi,karburator dll) sekitar 70rb cmn kko ada pasang part lain biasanya ada biaya tambahan

      Delete
  9. Mas bro nubi juga mau tanya, emang jasa servis besar sama overhaul cylinder engine beda ya, soal nya nubi abis servis jasanya aja 1jt an, jasa servis besar n servis cylinder engine, mohon pencerahan nya, terimakasih

    ReplyDelete
  10. Mas bro nubi juga mau tanya, emang jasa servis besar sama overhaul cylinder engine beda ya, soal nya nubi abis servis jasanya aja 1jt an, jasa servis besar n servis cylinder engine, mohon pencerahan nya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi bro, sepertinya iya ...biasanya kasus dmn dinding silinder ada baret.

      Delete
    2. Ooo makasi info nya, nubi mau tanya lagi ni
      Nubi servis besar ganti seher ninja dll cuman blok nya ga d ganti, tp abis ganti seher malah bunyi mesin makin keras, seperti ada besi yg beradu dlm mesin, kira2 itu kenapa ya, terimaksih

      Delete
    3. bro ryan, hrsnya jika sudah diservis besar (ganti seher dan ring2xnya), suara mesin akan lebih enteng/senyap, mungkin masangnya gak presisi/pas ...stang seher nggak oblak kan ?

      Delete
    4. Stang seher pas servis bagus bro, ga tau deh sekarang bunyi nya makin ancur, pas cek kmrn itu olmes nya kosong apa lupa d isi kali ya, mana udah bawa inrayen 60km kira2 hancur ga part gir nya itu mas bro, thanks banget infonya

      Delete
    5. Stang seher pas servis bagus bro, ga tau deh sekarang bunyi nya makin ancur, pas cek kmrn itu olmes nya kosong apa lupa d isi kali ya, mana udah bawa inrayen 60km kira2 hancur ga part gir nya itu mas bro, thanks banget infonya

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kalo service besar apa harus turun mesin...
    Trus kalo cuma service besar aja brpa yah...

    ReplyDelete
  13. Kalo cuma service besar aja berpa, kalau turun mesin sekalian nambah brpa...

    ReplyDelete
  14. Mau nanya nih
    Ninja rr ane udah 2tahun lebih gk di service nih
    Tapi cuma buat sekolah doang(5km itu pp)
    Dan sesekali ane pake ke luar kota ya mungkin sekitar 3jam - 5jam dengan kecepatan 80km perjam
    Kira" servicenya habis berapa juta

    ReplyDelete
  15. nanya mas...seher motorku kode B sudah baret dan minta ganti.....blok juga baret....apakah bisa saya ganti dg seher kode C kemudian blok di korter untuk seher kode C. trims

    ReplyDelete
  16. Ninja ane kasar banget suaranya, kira kira kalo ganti blok + semua komponen kaya stang, piston, bandul stang, ring dll kena biaya berapa ya gan, maklum nubi ane

    ReplyDelete