Akhirnya, hari ini tanggal 21-Mei-2015, saatnya si kuda besi (Ninja RR) di overhaul / service besar.
Menurut teknisinya sih harusnya tiap 15000KM harus di servis besar, cuman kelupaan dan keenakan ..ya sudah lah ....ampe 21000KM deh kwwkwk.
Sebenernya di artikel saya sebelumnya, menginjak 21000KM ini nggak ada masalah yang berarati, enak2x aja ...ya cuman dipaksa oleh teknisi kawasakinya ..ya terpaksa deh di bongkar tuh mesin.
![]() |
Service Besar |
![]() |
Service Besar |
Proses bongkarnya sih cepet, bongkar fairing kanan dan kiri, lepas kuping kips dan kuping HSAS, lepas tutup blok mesin, dan lepas blok mesin.
pas kuping kips dan kuping HSAS di buka, ternyataaaaa keraknya bukan main tebelnya, bangeettt ampe baut didalamnya pun ketutup kerak :P.
![]() |
Kerak Hasil Pembakaran Setelah 21000KM |
![]() |
Kerak Mesin Ninja RR |
![]() |
Kerak Pembakaran di blok mesin sebelah kiri |
Untuk dinding blok mesin masih bisa dikatakan masih bagus, yang harus di ganti adalah seher / piston karna sudah nggak layak katanya ..gosong bro pistonnya .plus perintilannya ganti semua, ring ini lah ring itu dll ...
![]() |
Blok Mesin Setelah Menempuh 21000KM |
![]() |
Service Besar Blok Mesin 1855 Ninja RR |
![]() |
Stang Seher Ninja RR |
![]() |
Seher / Piston Setelah Menempuh 21000KM |
Kalo udah pernah service besar begini saya jadi mikir, jikalau saya rutin service besarnya, mungkin piston masih bisa tertolong (maksudnya nggak usah ganti), jd buat km" pada yang belum / males service besar buruan deh dibersiin, lebih cpt lbih bagus, klo kelamaan ntar boring blok mesinnya bisa tergores loh, klo sudah begini harus ganti blok mesin kyang harganya 2.2juta untuk blok 1855 (harga per mei 2015) klo ngggak mau ganti blok baru ya cara kedua ya dihaluskan...tp performa tdk akan kembali ke asal :)
Kesimpulan setelah melakukan service besar adalah
- Klo bisa, lakukan service besar serutin mungkin (apalagi jika umut motor sudah tua), untuk menghindari kerusakan parah di mesin ....
- Tiap kali service mesin, mostly untuk ninja RR piston selalu ganti / karna udah gosong, plus ring2xnya
- Biasanya abis servis besar, motor harus di inreyen lagi ..karna ada banyak/beberapa parts yang di ganti, biasanya sekitar 1-2 minggu atau 200KM..abis itu mangga di geber !!!
- Tarikan motor jadi ringan banget, akselerasi jadi lebih enteng dan suara knalpot jadi lebih garing gemrincing hehehe....
- Temperatur motor juga nggak gampang panas, karna air radiator dibersihkan plus airnya diisi ulang.
- Biaya sebenernya tergantung dari banyak tidaknya part yang diganti , tapi kebanyakan udah pasti di atas 500rb (jika dilakukan di bengkel resmi).
Untuk biaya, saya kmren habis 1.8juta, piston, ring set piston, ring o luar dan dalam, gasket, dll (foto kuitansi menyusul ya)
OK bro,
oh ya mas numpang nanya.. hehehe.. setelan oli samping sudah diborosin ato ngikut standarnya? maklum lg gali info.. hehehe
ReplyDeleteSkr agak diborosin dikit gan :)
ReplyDeleteOhh.. hahaa.. Kalau sebelum service besar settingannya gmn mas? wkkwkw
ReplyDeleteServis di daerah mana mas.
ReplyDeleteberes kawasaki pecenongan mas ..
DeleteOia mas didit, setelah servis besar/ganti seher,
ReplyDeleteGimana ferporma awal motor mas..
Mas didit mau tanya, setelah servis besar/ ganti seher,
ReplyDeleteFerporma awal nya gimana mas..??
pertama kali kan harus inreyen, jd ga bisa geber2x dulu, setelah itu tarikan lbh enteng plus suara krr krr menjadi berkurang
DeleteBro tlong rinciin harga biar detail,mau Service besar juga dan nunggunya lama gak tuh... Thanks
ReplyDeletemaaf banget bro, struk dari dealernya udah ilang entah kmn, biasanya klo service besar seharian (datang pagi klo bisa).
Deletebiaya sekitar 600-700rban udah termasuk jasanya klo yang diganti cuman piston dan ringnya
Owh kirain ditinggal motornya....
ReplyDeleteItu udah termasuk Service kips sma ganti oli gak...
Tpi dnger dnger kalo di beres montirnya pda ngakalin,emang bner gitu yah...
nggak termasuk ganti oli, klo service kips udah termasuk kalau ngakalin kayaknya nggak sih bro, makanya pas mereka minta ganti dicek dulu partnya apakah memang perlu di ganti or ga / bandingin sama yang baru
DeleteBlok mesin mas bro baret gak,,,
DeleteNumpang tanya bro,ninja rr ane klo stang di belokin ke kiri kok tmpat minyak rem depan mentok fairing yang sambungan windshield,,,,
DeleteMhon pencerahan..
untungnya nggak baret, klo misal baret halus masih bisa dipake kok, tp kompresi akan turun, tenaga pasti turun (tp gak terlalu kerasa baget).
Deletepake stang ori ? coba baut minyak remnya di kendorin lalu puter ke atas..
Iya stang ori bro,, klo belok ke kiri mentok... Ok nanti dicoba... Thankss
Deletebro... klo servis,gnti olimesin&gnti lampu depan hbs brp..???,Newbei.
ReplyDeletehi bro, servis di beres biasanya cmn perawatan/pembersihan (kips,busi,karburator dll) sekitar 70rb cmn kko ada pasang part lain biasanya ada biaya tambahan
DeleteMas bro nubi juga mau tanya, emang jasa servis besar sama overhaul cylinder engine beda ya, soal nya nubi abis servis jasanya aja 1jt an, jasa servis besar n servis cylinder engine, mohon pencerahan nya, terimakasih
ReplyDeleteMas bro nubi juga mau tanya, emang jasa servis besar sama overhaul cylinder engine beda ya, soal nya nubi abis servis jasanya aja 1jt an, jasa servis besar n servis cylinder engine, mohon pencerahan nya, terimakasih
ReplyDeletehi bro, sepertinya iya ...biasanya kasus dmn dinding silinder ada baret.
DeleteOoo makasi info nya, nubi mau tanya lagi ni
DeleteNubi servis besar ganti seher ninja dll cuman blok nya ga d ganti, tp abis ganti seher malah bunyi mesin makin keras, seperti ada besi yg beradu dlm mesin, kira2 itu kenapa ya, terimaksih
bro ryan, hrsnya jika sudah diservis besar (ganti seher dan ring2xnya), suara mesin akan lebih enteng/senyap, mungkin masangnya gak presisi/pas ...stang seher nggak oblak kan ?
DeleteStang seher pas servis bagus bro, ga tau deh sekarang bunyi nya makin ancur, pas cek kmrn itu olmes nya kosong apa lupa d isi kali ya, mana udah bawa inrayen 60km kira2 hancur ga part gir nya itu mas bro, thanks banget infonya
DeleteStang seher pas servis bagus bro, ga tau deh sekarang bunyi nya makin ancur, pas cek kmrn itu olmes nya kosong apa lupa d isi kali ya, mana udah bawa inrayen 60km kira2 hancur ga part gir nya itu mas bro, thanks banget infonya
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKalo service besar apa harus turun mesin...
ReplyDeleteTrus kalo cuma service besar aja brpa yah...
Kalo cuma service besar aja berpa, kalau turun mesin sekalian nambah brpa...
ReplyDeleteMau nanya nih
ReplyDeleteNinja rr ane udah 2tahun lebih gk di service nih
Tapi cuma buat sekolah doang(5km itu pp)
Dan sesekali ane pake ke luar kota ya mungkin sekitar 3jam - 5jam dengan kecepatan 80km perjam
Kira" servicenya habis berapa juta
nanya mas...seher motorku kode B sudah baret dan minta ganti.....blok juga baret....apakah bisa saya ganti dg seher kode C kemudian blok di korter untuk seher kode C. trims
ReplyDeleteNinja ane kasar banget suaranya, kira kira kalo ganti blok + semua komponen kaya stang, piston, bandul stang, ring dll kena biaya berapa ya gan, maklum nubi ane
ReplyDelete