Punya motor sport kalau dibiarkan standart ting-ting pabrikan kok rasanya ya kurang sreg ya ? kok rasanya ada yang tersia-siakan *lebay, ya mungkin begitulah yang ada dipikiran bikers yang memiliki motor sport, punya motor sport masa ngak ada suaranya ? punya motor sport masak cuman ganti oli doang ?, belum lagi kalau yang suka kopdar nambah deh racun ....ya sudah berikut merupakan list (nggak lengkap sih) yang biasanya di modif oleh pemilik ninja RR.
Batok Depan
Banyak penunggang Ninja RR yang kurang puas akan tampilan depan dari pabrik, ini mungkin yang men-trigger para modifikator untuk membuat modifikasinya.
Khusus untuk kawasaki ninja new RR, dipasaran sudah tersedia batok depan / fairing depan dengan model lampu seperti ninja 250R seperti yang terlihat seperti gambar dbawah ini.
Harga : berkisar 200rb - 500rb
Selain itu, modifikasi pada bagian ini juga dilakukan biasanya mereka yang gemar turun di balap atau sekear track day di sentul, biasanya perubahan dilakukan hanya penghilangan lampu depan atau batok depan di buat lebih meruncing (bisa dengan lampu bulat satu atau tidak pakai lampu sama sekali) agar lebih aerodinamis plus lebih sporty tentunya.
Berikut contoh2x modifikasi ninja RR di sekktor batok depan.
Untuk bagian ini, modifikasi ninja RR jarang sekali yang melakukan modifikasi, kalaupun ada fairing bagian bawahnya di copot atau di potong alhasil mesin terumbar keluar aka lebih terlihat berotot., atau memakai langsung fairing motor lainnya misalnya minerva megelli,
Modifkasi bagian ini juga kalau ada biasanya merupakan 1 set dengan batok depan dan jok belakang / full body set.
Harga : -
Baik untuk RR and New RR dipasaran sudah tersedia sambungan fairing, jadi kalau sudah dipasang motor akan terlihat lebih padat.
Swing ARM
Swing arm adalah salah satu komponen penting dalam menjaga kestabilan sebuah motor, apalagi jika cornering / berbelok atau hi spee. Single arm NSR SP, swing arm suzuki FXR merupaka salah satu korban modifikasi untuk sektor ini.
Jika ditanya apakah enak memakai arm bukan standart pabrik ? jawaban akan sangat bervariasi, tergantung niat anda untuk apa modifikasi tsb, apakah untuk kontes ? atau performa ?
Harga : 600rb - 10juta
Untuk part satu ini, nggak udah ditanya deh, sepertinya udah 90% pemilik ninja 2 tak sudah memakai knalpot racing / non-standart.
Merknya apa aja ? buanyak banget, DBS, KDX, Creampie ZZ1, R9, WRX, Tsukigi, CMS, belum lagi yang buatan purbalingga .....trus kalau ditanya enakan mana ? jawabannya juga relatif dan banyak faktor yang mempengaruhi, setingan motor, bentuk dan leher knalpot, bentuk silencer, dll.
Harga : 400rb - 3juta
Buntut.
Bagian buritan motor juga merupakan bagian paling digemari untuk di modifikasi, biar apa ? ya biar lancip, makin lancip making racing, katanya ... hehe.
Beberapa modifikator seperti chemonk, witjax dan beberapa industri rumahan juga telah membuatnya
Harga : 750rb - 2jutaan
Velg
Nah untuk urusan yang satu ini sepertinya harus dibagi manjadi 2, yaitu velg jari-jari dan velg lebar, karna biasanya yang suka jari-jari biasanya gak suka velg lebar, begitupun sebaliknya.
Untuk velg jari-jari, merknya pun banyak misalnya TDR, Rossi, TK dan lain sebagainya, kalau untuk velg lebar biasanya yang beredar dipasaran adalah ukuran 2.5 inch (depan) dan 3.5 inch (belakang), merk yang banyak dipasaran adalah velg Axio, Yossi, V Rossi dan kalau mau lebih mahal biasanya bisa comot dari motor lain misalnya velg grimeca, velg NSR atau bisa saja pakai velg CBR (K45) namun dengan beberapa ubahan tentunya.
Harga : 700rb - 15juta
Velg AXIO Ninja RR |
Velg Rochel Ninja RR |
Velg Grimeca Ninja RR |
Velg CBR Old di Ninja RR |
Velg Honda LS di Ninja RR |
Untuk ban, sepertinya tidak perlu dijelaskan kali ya, tapi yang saya tau owner ninja RR itu jarang yang memakai ban battlax, jikalau ada biasanya tipenya yang BT45 / S20, ban battlax umunya dipakai dimotor sekelas ninja 250 keatas. Untuk ban cacing saya kurang begitu tau dan untuk ban lebar jika mas bro memakai velg 3.5 belakang maksimalnya adalah 140/70 (lebih dr ini saya rasa tidak bisa, atau harus diakali), untuk depan jika velgnya 2.5inch, ban maksimal 100/70, jika memakai 110/70 spakbor ori ninja RR tidak muat.
Harga : -
Lampu Belakang
Biasanya jika melakukan modifikasi ini, lampu sein bawaan motor sudah dicopot dan sebagai gantinya dipilihlah lampu variasi gabungan dengan lampu sein nya.
Harga : 150rb - 400rb
Lampu Sen Depan
Kebanyakan diganti dengan model yang lebih kecil atau pipih, karna bentuk lampu sein dari pabrikan seperti kuping alien, katanya looh ...hehe
Harga : 60rb- 300rb
Stang
Untuk stang, biasanya mereka menggantinya dengan merk seperti NUI, Bikerz, Ride IT ada juga yang sampai menggunakan stang dengan sudut derajat yang berbeda dari pabrikan biasanya ini ba-uat drag, contohnya Rc3, alhasil ergonomi riidng pun berubah.
Harga : 200rb - 1,5jt
Speedo Meter
Merupakan hal yang jarang terjadi di ninja RR, tapi jika ada biasanya mereka menggantinya dengan speedo meter yang digital misalnya seperti KOSO.
Harga : -
Spion
Spion di ninja RR bentuknya jelek menurut saya tapi fungsionalitasnya besar, bentuk kecil tapi layar besar dan bulat, karna bentuknya jelek maka tidak heran jika ada beberapa biker yang menggantinya dengan spion lipat dan ada yang nekat dengan melepas spion :0.
Harga : -
Footstep.
Footstep adalah bagian motor yang juga paling sering diganti oleh penggunanya, alasannya simpel biar lebih racing karna posisi pijakan mundur agak kebelakang dan alasan lainnya adalah karna bentuk dan warna nya lebih sporty.
Variasi footstep biasanya tidak sekuat footstep pabrikan, dari warna mereka biasanya mudah luntur, apalagi yang berwarna gold pasti setelah 1 tahun nanti akan berwarna semi gold :p, selain itu tongkat yang menghubungkan footstep dengan gigi motor biasanya suka patah. Untuk merknya pun sekarang sudah banyak sekali contoh : Nui Project, Yoshimura, XRace, Bikers, dsb
Harga : 400rb - 2juta
Handgrip.
Dipasaran banyak yang murah, tapi jika anda mau agak berkelas bisa pakai Harris atau kalau mau murah bisa pakai handgrip nya kawasaki kaze, empuk tidak benjol2x seperti standart ninja RR
Harga : 20rb - 400rb
Blok Mesin
Untuk sekarang yang beredar hanya blok PDK, masalahnya sekarang kita tidak bisa membedakan ini PDK asli atau palsu.
Blok PDK sering dipakai diajang balap karena material bloknya lebih tahan panas dibandingkan dengan blok mesin pabrikan.
Harga : 2juta - 4juta
Karburator.
Karburator after market sudah banyak sekali yang beredar mulai dari merk PE, TZM, PWK, PWL dsb, sangking banyaknya kita sekarang sampe kesusahan membedakan mana yang asli dan yang palsu.
Alasan orang mengganti karburator standart pabrik secara umum adalah pertama karna karburator mikuni bawaan RR suka macet apalagi klo musim hujan, bahaya !, dan alasan kedua biasanya mereka tidak puas dengan performa mikuni (biasanya untuk balap atau drag atau buat gaya2xan saja :D).
Harga : 400rb - 3juta
bisa dilihat di link dibawah ini untuk detilnya
http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1580-tips-motor-karburator-sudco-pe-pwk-tm-dan-pj-apa-bedanya
Gearset
Gearset RR juga sering diganti oleh pemiliknya dengan berbagai alasan, salah satu alasannya adalah karna yang original kawasaki harganya mahal, alasan lain (mungkin) mereka ingin menurunkan/menaikkan mata rantai agar performance berubah dari standart atau mungkin ada juga yang pengen rantainya tampil beda (misalnya rantainua warna emas, dll).
Merknya pun sekarang sudah banyak beredar, mulai dari SSS, TK, Sinnob dll.
Harga : 300rb - 7000rb
Kondom Tangki.
Jika anda pembeli new RR SE maka anda sudah mendapatkannya, jika tidak anda mungkin bisa membelinya dengan harga 550rb.
(bisa dilihat digambar bawah)
Spakbor Depan.
Untuk bagian yang satu ini, saya kurang begitu mengamati, apalagi mereka yang pakai velg jari-jari, mungkin ada yang tau ? , nah untuk yang pakai velg lebar seperti axio dengan lebar 2.5 inch + ban depan lebar 110/70 maka sudah dipastikan spakor bawaan dari pabrik tidak muat dan sebagai alternatifnya kita bisa memakai spakbor model ninja 250FI dengan tambahan breket tentunya.
Harga : 200rb
Kondom Arm.
Untuk komdom arm, sepertiny tidak banyak pilihan bagi pemilik ninja RR, pilihan yang tersedia dipasaran cuman 1, yakni seperti gambar dibawah.
Harga : 400rb - 750rb
OK mas bro sekalian, mungkin ada yang mau nambahin ? monggo sampaikan di kolom komentar :)
Photo credits : google images, faceobook
Cara pemesanan gimana
ReplyDeleteCara pemesanan gimana
ReplyDeleteini klo pengen messen gmn caranya
ReplyDeletewah payah belum ada yang kata nya jago modif body kid bukin batok 2 lampu kembar untuk ninja rr mono .ya kayak lampu nya ninja f1 atau yamaha r25 .kayak nya mrk gak bisa bikin deh ,mrk hanya bisa bikin yg mudah saja .hrs nya mrk membuat sesuatu yg tdk ada menjadi ada .kurang kreaktif .payah .pd hal itu membuat sesuatu yg lebih itu adalah jual nya pasti laku .
ReplyDeleteOmong doang, daripada "mencari" lebih baik "menjadi", kalo diri sendiri aja gak bisa bikin ya gk ush merendahkan org lain. Payah ����
DeleteNinja rr medel lama bisa ga ya pakai fullset body ninja rr terbaru...
ReplyDeleteNinja rr medel lama bisa ga ya pakai fullset body ninja rr terbaru...
ReplyDeleteBisa
ReplyDeleteKlo mau pesan gimna y
ReplyDeleteKlo mau pesan gimna y
ReplyDeleteSip gimanh CT pesenya
ReplyDeleteGann anr nyari fairing atas sama breacketnya untuk ninja rr old.. Wrn merah
ReplyDeleteGann anr nyari fairing atas sama breacketnya untuk ninja rr old.. Wrn merah
ReplyDeleteGann anr nyari fairing atas sama breacketnya untuk ninja rr old.. Wrn merah
ReplyDeleteUntuk spidometer kosonya sampai terpasang itu dikenakan harga brp ya om???
ReplyDeleteAsalamualaikum suhu suhu.. Saya mau tanya kalau ninja rr baru mau pake body belakang ninja rr lama? Bisa gak yah di bagian dudukan jok belakang nya di gmnain boleh dong di share saran nya... Terimakasih suhu suhu...
ReplyDeleteCool and I have a nifty offer: Where To Start House Remodeling house restoration companies
ReplyDelete