Thursday, May 28, 2015

Pilih Bengkel Resmi Atau Tidak Resmi ?

Brosis...

Dulu pertanyaan semacam ini sering banget terlintas di pikiran ....apalagi pas punya motor baru, pengen ke bengkel non resmi tp takut motor kenapa2x, mau ke bengkel resmi rame bangeett.
Sebenernya mau pilih yang mana sih serah yang punya motor (ya iyalah wkwk), cuman harus tau konsekuensinya masing2x.

BERES (BENGKEL RESMI)


Bengkel Resmi Motor
Beberapa keuntungan service di bengkel resmi
  1. Spare part di jamin pasti original
  2. Spare part jauh lebih lengkap
  3. Harga spare part pasti jauh lebih murah drpd bengkel non resmi
  4. Secara umum, mekanik pasti lebih memahami permasalahan motor, karna setau saya beberapa ATPM malah ada pendidikanya sebelum menjadi mekanik
  5. Secara umum, tempat menunggu jauh lebih nyaman, bahkan ada yang disediakan TV, Minuman dan majalah otomotif
  6. Motor akan di tune up sesuai standart pabrikan :), jd "nyawa" motor kita akan lebih panjang.
Beberapa kerugian service di bengkel resmi
  1. Secara umum nggak ada kerugiannya sih, ya palingan nunggunnya / antrinya lama banget,ya secara konsumennya banyak banget.
  2. Biasanya tidak melayani tune up performance motor diatas standart pabrik, misal bore up, ganti part2 racing ini itu, kalaupun ada hanya beberapa bengkel aja atau konsumenya sendiri yang maksa / niat :p
  3. Nggak bisa service motor yang kelewat jadul :p



BENGKEL TIDAK RESMI
Yang saya maksud bengkel tdk resmi disini adl bengkel2x kecil di pinggir jalan atau bengkel toko" kecil.

Bengek Tidak Resmi
Keuntungannya apa ?
  1. Harga murah
  2. Motor jaduls are very welcome :)
  3. Meyelesaikan/mengakali masalah motor / mobil kamu dengan cepat dengan segala keterbatasannya
Kerugian
  1. Kadang dikasi spare part yang KW / imitasi
  2. Biasanya menyelesaikan masalah tapi bersifat sementara
  3. Mekanik yang kurang begitu pengalaman, karna mostly mereka "mengimport" remaja2x di kampung hehhe.
Btw, bengkel jenis ini sebenernya udah banyak jasanya loh, menolong rider2x yang motornya lagi ngadat dijalan, tanpa kehadiran mereka, loe ga bakal bisa pulang :)

Bengkel Spesialis Motor
BENGKEL SPECIALIS
Bengkel jenis ini sebenernya masuk kedalam bengkel tdk resmi, tapi sangat berbeda sekali dengan bengkel tdk resmi biasa.
Biasanya bengkel jenis ini udah pengalaman banget , dan bahkan ada yang beberapa bengkel yang sudah memenangkan beberapa kejuaraan.

Keuntungannya ?
  1. Motor kamu bisa di tune up diatas performa standart pabrik.
  2. Biasanya khusus untuk melayani modifikasi motor (meski service standart juga bisa sih), baik itu dari segi tampilan maupun engine
  3. Lu mau motor/mobil mau larinya 200KMH ? dia bisa!!
  4. Spart part racing biasanya lengkap, mau merk apa ,tinggal pilih !
  5. Mekanik yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya
  6. Motor jadul pun bisa dibuat racing :p
Kerugiannya ?
  1. Bukan mesin yang jebol, tapi kantong anda, karena biasanya spare part racing lbh mahal dr standart pabrik.
  2. Banyak "racun", ya gmn tiap kali berkunjung ada aja part yang baru.
  3. Biasanya klo udah terkenal bengkelnya suka rame, udah bayar mahal, ngantri pula.
  4. Tune up 1 motor biasanya makan lamaaaa, apalagi yang modif ke full kompetisi :p
Kontes Teknisi
Mungkin brosist ada yang bisa nambahin ??
Kalau saya pribadi, saya cukup ke bengkel resmi aja , performa motor ya standart pabrikan aja, toh  mau ngebut gak pernah ampe mentok gas nya hehe, apalagi klo dipake harian :)
Paling enak itu klo udah "punya" mekanik sendiri di bengkel resmi, komplainnya juga lbh enak plus dia juga lebih tau penyakit motor/mobil kita. tapi .....ada harga yang harus anda bayar untuk itu...abis service jgn lupa tips nya :), bukan apa2x sebagai rasa terima kasih aja ..

Foto credits : google search images.


Semoga bermanfaat ...

3 comments: