Monday, July 13, 2015

Mau beli Ninja 2tak ? Simak permasalahan Ninja RR yang kerap terjadi

Bro Sekalian, 
Pertama-tama selamat hari raya yah buat yang ngerayain, yang dpt THR juga jangan lupa motor nya diservice, apalagi mau dipake buat pulang kampung, wajib tuh brosist ! hehehe.
Btw, disini saya nggak ngomongin soal performance yah , toh pasti udah pada tau lah basicnya .... perlu 2 langkah untuk menghasilkan tenaga, yang lainnya masih perlu 2 langkah lagi untuk menghasilkan tenaga hehehe.
Bagi calon pembeli ninja 2 tak apalagi yang speed freak sepertinya perlu baca baik2x nih, agar tunggangan bisa lari maksimal :)

2013 Kawasaki Ninja 150 RR
2013 Kawasaki Ninja 150 RR


Penyakit New Ninja RR :

Karburator sensitif terhadap cuaca
Ini biasanya berlaku jika motor menginjak usia 1 tahun lebih atau knalpot udah di ganti dengan knalpot racing.
Apa sih maksudnya sensitif ? gini, biasanya klo lagi musim hujan, puntiran gas suka macet / putaran mesin nggak mau turun meskipun kita udah melepas gas atau menarik kopling. Keadaan ini akan menjadi
sangat berbahaya jika kita berada di kecepatan tinggi dan tiba2x putaran mesin tidak mau turun , biasanya ninja rider menyebut keadaan ini "Autopilot".
Jika musim kemarau, gejalanya tidak separah waktu musim hujan, dan bahkan ada yang tidak mengalaminya sama sekali waktu musim kemarau.


Penyebab :
Skep karburator bawaan ninja RR (mikuni) itu sering macet seiring bertambahnya usia
Solusi :
Ada yang bilang diampelas skepnya, tp klo mau paten mending ganti karbu ori bawaan dengan karburator aftermarket (misal PE28)



Mesin Brebet di RPM 6000 (jika baru dipakai pagi hari)
Hal ini juga saya pernah mengalami, waktu motor pertama kali digunakan pagi hari, dipanasin sebentar, lalu di geber sampai 6000an rpm, gejala brebet akan terasa.
Tapi keadaan ini akan hilang sendirinya seiring mesin sudah panas.


Penyebab :
Kata teknisi kawasaki, itu wajar, karna oli nya belum pada naik, jadi pelumasannya belum maksimal
Solusi :
Ada yang tau ??

Superkips Macet
Keadaan ini paling sering di keluhkan pengendara ninja RR (utamanya keluaran 2006 ke atas), biasannya kejadian pas motor di geber abis lalu tiba2x diajak jalan santai, apalagi motornya jarang di service , udah pasti tuh suara knalpot yang tadinya garing jadi kayak suara kaleng krupuk *malu.
Penyebab :
Katub superkips waktu membuka (di rpm tinggi) tidak bisa menutup kembali (di rpm rendah) yang dikarenakan banyaknya korotan di dalam mesin.
Solusi :
Sampai skr belum ada yang sifatnya onetime solusition !, jd mesti rajin2x bersihin superkipsnya bro ...

Dinding Blok Mesin Baret
Ruang bakat mesin 2 tak itu tidak sebersih mesin 4 tak, biasanya akan terlihat waktu service besar, hal ini dikarenakan adanya kerak / sisa pembakaran di ruang bakar.
Kebayakan setiap kali service besar piston harus diganti, karna udah goosong atau baret. Setingan oli samping juga sangat berpengaruh terhadap piston dan blok mesin.
Terlalu irit akan membuat mesin cepat panas, piston macet dan paling parah dinding blok mesin baret karena kurang pelumasan, sebaliknya jika oli samping diborosin busi akan cepat kotor, kerak didalam mesin akan jadi lebih banyak, piston harus makin sering di bersihin. So? setingan terserah pada anda, enaknya sih standart pabrik aja lah hehee


Solusi :
Ganti blok baru, atau ganti dengan blok PDK Gold yang katanya lebih tahan panas dan gores !.

ok masbro sekalian, seperti nya cuman itu yang bisa saya sharing, klo ada yang mau menambahkan moggo komen dibawah aja ..





19 comments:

  1. kalau masalah brebet di 6000rpm saat pertama kita bawa, itu kalo g salah pengaruh setelan oli samping. kalo irit, dia pasti g mbrebet. Ps. pengalaman pribadi. ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro motor saya asapnya bnyak bgt2 bau g sempurna cpt bgt panas mau di bwa plan/ngebut. Trs kalo di bwa ngebut brebet kluar asapnya bnyak bgt krusakan di mana broo

      Delete
  2. Motor saya new ninja rr tahun 2014 km udah 16.000 ribuan,baru kemarin ada masalah pas mudik pulang kampung waktu jalan agak kencang tiba2 rpm jadi tinggi & gk mau turun2.Ada yg tahu gk apa itu permasalahannya mohon di sharing?

    ReplyDelete
  3. Motor saya new ninja rr tahun 2014 km udah 16.000 ribuan,baru kemarin ada masalah pas mudik pulang kampung waktu jalan agak kencang tiba2 rpm jadi tinggi & gk mau turun2.Ada yg tahu gk apa itu permasalahannya mohon di sharing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. problemnya ada dijarum skep karburator perlu diganti atau diamplas. udh saya lakuin hal diatas dan terbukti ngga nyangkut lagi kok. dicoba amplas kebengkel yg udh paham

      Delete
  4. mohon info donk yang udh test di ninja rr. blok mesin kawahara bahan dasar keramik 68mm ini cocok ngga di pake buat harian dan touring? blok KTC yg katanya lebih bagus tapi lebih murah dari PDK gold 1878 apa bener? cocok ngga buat touring. ditunggu infonya dari teman2 yg udh nyobain atau pengalaman. blok 1855 standar saya udah baret karna telat olsam kayaknya. kira2 msh bisa ngga dikorter linnernya nanya sama bengkel resmi motorave 50:50 dgn biaya 1juta

    ReplyDelete
  5. gan,numpang nanya,,,,,katanya ninja rr kalo dibuat touring/perjalanan jauh mesin langsung drop,apakah bener gan???
    soalnya punya ane belum pernah gitu,,,mau ane buat touring takut mesin drop,,,,,mohon penjelasannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok gan, saya Jkt - Jogja aman2x saja :)

      Delete
    2. Sama gan saya jg prnah touring ..masalah nya cm cpet panas.. 2jam sekali hrs istrht biar gk over head

      Delete
  6. Misi gan numpang tanya saya punya ninja ee th 2008 saya punya kendala di motor saya...setiap saya melewati jalan menanjak motor saya kok seperti kehabisan bensin setiap di gas pasti gak mau naik harus nunggu sekian derik baru bisa jln itu knp yh ada yg sudah ngalamin mohon solusi nya

    ReplyDelete
  7. Gampang aja gan,ganti aja bpkb nya

    ReplyDelete
  8. Gampang aja gan,ganti aja bpkb nya

    ReplyDelete
  9. Motor sya ninja rr 2015 km bru 4rbuan plg turing ngk ngeh chuke on wktu plg sekitar 120km ngaruh ngk yh kemesin.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gx apa2 gan. Chuke itu cuma menutup sirkulasi udara karbu sehingga mesin cenderung menghisap bensin sedikit lebih banyak ketimbang chuck off.

      Delete
  10. Mas mau tanya ninja saya block brisik dan tenaga jadi letoi knpa ya mohon di jawab ya mksaih

    ReplyDelete
  11. Mas mau tanya ninja saya block brisik dan tenaga jadi letoi knpa ya mohon di jawab ya mksaih

    ReplyDelete