Friday, September 4, 2015

Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi (Jakarta Utara) secara Manual (Bukan Online)

Dear Brosis.

Per hari ini saya ijin untuk memperpanjang paspor saya ke kantor imigrasi jakarta utara (jl boulevard artha gading),
sebenernya sih saya nggak mau memperpanjang nih paspor toh beberapa bulan kedepan belum ada plan untuk ke luar negri.

Namun tiba2x ada training di singapore dari kantor ya udah mau nggak mau saya harus memperpanjang paspor saya.
Paspor tidak bisa digunakan lagi jika masa berlakunya kurang dari sama dengan 6 bulan.

Nah, jika brosis ada yang kebetulan mau memperpanjang paspor berikut urutan langkah2xnya agar urusan beres dan cepat pulang (semua kantor Imigrasi harusnya sama ya).

Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara
Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara
Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara
Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara




1. Malam harinya, siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, antara lain paspor lama (asli), Akte Kelahiran (asli), Ijazah (asli), Kartu Keluarga (Asli), KTP (Asli)
2. Fotopkopi masing2x syarat sebanyak 2x , sebenernya 1x aja cukup cuman buat jaga2x aja. Oh ya di kantor imigrasi juga disediakan ruang untuk fotokopi cmn lebih baik fotokopi dari rumah , jadi nanti nggak ribet pas di cek persayaratannya.
3. Jangan lupa beli materai yang 8000 1 buah, dikantor Imigrasi juga jual kok, tp balik lagi yah , mending disiapin dari rumah, biar nggak bolak balik.
4. Bawa bolpen !, karna disana akan disuruh ngisi form.
4. Datang pagi, knp ? karna orang2x sudah datang bahkan ketika kantor Imigrasinya belum buka dan juga tiap kantor imigrasi ada kuotanya, klo penuh ya wassalam ....anda harus coba besoknya.
5. Hal pertama yang dilakukan adalah antri untuk mendapatkan nomor antrian untuk difoto.
6. Waktu giliran anda tiba untuk di cek, akan diminta semua dokumen asli (paspor, akte, KK, KTP), plus fotokopi untuk setiap syaratnya (nah jika disini kamu ga fotokopi, km akan bolak balik, dan ngantri lagi dr belakang)
7. Semua syarat udah diserahkan dan dicek, hal yang dicek adalah kesamaan nama dan tanggal lahir antara akte, ijazah dan KK), jika ada yang beda, maka anda akan bermasalah.
8. Setelah semua OK, petgas akan memberikan form plus meminta materai (nah disini km udah bawa dari rumah, ga perlu bolak balik lagi)
9. form disini plus materainya ditempel , plus disini kamu akan langsung diberi nomor antrian untuk di wawancaran dan foto.
10. Menunggu difoto ....klo boring maen hp aja or lirik2x cewek cakepwkwkkw
11. Waktu foto + wawancara tiba, kamu akan masuk ke ruangan , kamu akan ditanya2x mau ngapain ke luar negri dll, dan kamu diminta untuk membawa kembali semua dokumen asli tadi (akte, KK, Ijazah, KTP) , disini mereka cek lagi, jika ok, kamu akan disuruh tanda tangan di atas form dan langsung foto (sisiran dulu mas bro ...poninya dibenerin dulu miring tuh haaha).
12.Selesai :), kamu akan mendapat semacam surat pembayaran yang berisi nomimal yang harus kamu bayar ke teller.
13 Setelah bayar, paspor bisa kamu ambil 4 hr kerja :)
14 selesai :)

Oh ya, biayanya sebesar 355rb untuk paspor biasa (48halaman), dan untuk yang 24 halaman sekitar 150rban....., epassport sekitar 600rban (klo ga salah)...jd klo kamu ga sering2x ke luar negeri mending pilih yang 24 halaman aja , murah !! tapi suka habis stoknya -_-


OK, selamat ngatri ya ....

Oh ya kelebihan dari perpanjang paspor manual ini lebih cepat, 1 hr bisa langsung foto + 4 hr paspor udah jadi.
Kalau online 10hr (setelah kita submit / isi form) + 4hr kerja agar paspor bisa di ambil.

semoga bermanfaat :)



0 comments:

Post a Comment