Well, mempunya motor gede (moge) memang suatu kebanggaan sendiri, tidak hanya karna bentuknya yang kekar, powernya yang super ..tapi suaranya juga yang menggelegar jika digeber, apalagi kalau sudah di lampu merah. Moge low-end disini saya artikan adalah motor dengan CC >= 500 dan harga kurang dari 200juta, knp saya ingin share hal ini ? karna suatu saat pengendara 250cc (termasuk saya) akan pasti naik kelas ke moge, tinggal masalah uangnya saja cukup atau tidak.
Berikut adalah moge low-end yang resmi mengaspal di indonesia
Kawasaki Ninja 650 Series.
Motor ini ada beberapa jenis, mulai dari ER6N, ER6F,dan Versys. ER6N ditujuan buat mereka yang demen sama design motor naked, jika tidak suka dengan yang naked-naked kawasaki juga memberikan versi fairing dari ER6N yakni ER6F, tipe yang terakhir adalah Versys, motor ini ditujukan bagi mereka yang lebih suka ke Adventure , touring plus melewati jalan yang menentang adalah tujuan mengapa motor ini diciptakan.
Kawasaki Ninja 650 / ER6F |
Kawasaki ER6 |
Kawasaki Versys |
Kubikasi : 650 CC
Konfigurasi Mesin : inline 2
Power : 52Kw @8000
Torsi : 64Nm @7000
Kawasaki Vulcan
Motor ini adalah solusi bagi mereka yang suka dengan design harley davidson tapi nggak suka dengan suaranya, karna tidak semua suka dengan suara "blar blar" harley.
Kalau dilihat secara design, motor ini bisa dikatakan design harley cuman lebih kearah modern, ibartnya jika harley itu cowok biasa, kalau ini cowok metroseksualnya haha :p (wangi, muka mulus, rapih dll). Model seperti ini memang tidak semua orang akan suka, tapi sekalinya suka, orang akan suka banget !.
Kawasaki Vulcan |
Kubikasi : 650 CC
Konfigurasi Mesin : inline 2
Power : 46Kw @7500
Torsi : 64Nm @6500
Jika dilihat dari spek, torsi Kawasaki vulcan akan lebih cepat diraih dari pada Ninja 650, untuk power jika lbh rendah dibandingkan dengan ninja 650 series
Benelli BN 600
BN 600 adalah motor 4 silinder termurah saat ini yang resmi mengaspal diindonesia. Jika dilihat dari bentuk bagi mereka yang suka dengan yang naked harusnya sih pasti suka, untuk yang demen motor fairing sepertinya motor nggak akan jadi pilihan bagi mereka. Satu hal yang mengganjal buat saya adalah design headlampnya, kesannya terlalu biasa, tidak ada kesan seperti headlampnya moge. Yah moga-moga versi faceliftnya cepat keluar...
Harga : Bekisar 150jutaan
Kubikasi : 600 CC
Konfigurasi Mesin : inline 4
Power : 60Kw @11000
Torsi : 55Nm @8000
Disinilah keunggulan mesin 4 silinder, dia bisa berteriak di RPM yang lebih tinggi, dan power yang dihasilkan pun jauh melesat diatas ninja 650 (50 cc lebih besar). Untuk torsinya sendiri masih dibawah ninja 650, jadi jika balapan di stop and go / kemacetan, BN 600 bukan lawan sepadan untuk ninja 650.
Honda CB500F, CB500X
Motor ini baru saja dilaunching oleh AHM, ditujukan sbg low-end moge yang mana biasanya pemakainya kebanyakan mereka yang naik kelas dari 250CC. Bicara soal design CB series (kecual CB500X) kayaknya yah biasanya saja ya, mirip seperti honda CB 150, hanya saja bodynya lbh besar.
Hal yang menarik dari seri motor ini adalah CB500X, kalau saya rasa ini motor mungkin peruntukkannya mirip seperti Versys kawasaki, bentuknya pun terbilang bagus yah, adventure banget, jd nggak salah jika tipe ini paling laris dan paling mahal.
Honda CB500F |
Honda CB500X |
Harga : CB500F (130juta), CB500F ABS (139juta), CB500X(147juta)
Kubikasi : 500 CC (471CC)
Konfigurasi Mesin : inline 2
Power : 35Kw @8500
Torsi : 43Nm @7000
Kalau dilihat dari torsi dan power, apa nggak mending beli ninja 650 atau benelli BN600 sekalian ya ? power dan torsi jauh diatas, plus arm ngggak model kotak, depan udah double cakram !!, gmn ?
Honda CBR500R
Honda CBR500R adalah motor sport kelas menegah dari produk AHM, sebenernya sih ini adalah versi fairing aja dari CB500F plus (mungkin) ada ubahan dikit or setingan di enginenya.
Untuk urusan teknolgi, misal lampu, engine dll, mungkin ini motor paling modern dibandingkan dengan motor-motor diatas. Nah, bagi yang suka dengan motor semi nunduk / fairing plus anda seorang FBH, udah jangan ragu sikat aja, mengingat saat ini, dikelas ini belum ada pesaingnya, ninja 650 juga berfairing tapi dia bukan ke sport murni terlihat dari bentuk stangnya.
Honda CBR500R |
Kubikasi : 500 CC (471CC)
Konfigurasi Mesin : inline 2
Power : 35Kw @8500
Torsi : 43Nm @7000
KTM RC 390
Well, untuk motor satu ini sebenernya nggak harus masuk sini sih, secara CC nggak sampe 400, tp dari segi power dan top speed hampir bisa menyaingi CBR500R, plus harganya masih agak jauh dibawah CBR500R, jd ya nggak ada salahnya jika di ikutin hehe. Hal yang menarik dari motor ini adalah desaign rangkanya, warna orange teralis ngejreng !!, jelas ini beda dari yang lain. Hal kedua adalah shock-nya sudah USD menggunakan WP Suspension, ketiga swing armnya bentuknya bukan model jadul (kotak) seperti honda 500 series, lampu depan juga memakai proyektor meskin bentuknya rada aneh tp justru disinilah keunikannya. Hal yang unik lainnya adalah mesinnya yang cuman 1 silinder dengan CC hampir 400, bisa dibayangkan gmn galaknya putaran bawahnya hehe ...
KTM RC 390 |
Kubikasi : 373CC
Konfigurasi Mesin : inline 1
Power : 32Kw @????
Torsi : ????
OK bro, mungkin itulah list dari saya mungkin ada yang bisa nambahin monggo disampaikan ke kolom komentar...mau pilih yang mana jadnya ? hehee..
0 comments:
Post a Comment