Thursday, September 15, 2016

Paintless Dent Removal (PDR) Hilangkan Penyok Halus Dalam Sekejap Tanpa Pengecatan Ulang !


Hallo mas bro, mbak sekalian .....udah lama kayaknya nggak nulis di blog lagi dikarenakan kesibukan dan lg butek aja nih mau nulis apa heheehe...
OK semuanya, kali ini saya mau sharing pengalaman pribadi tentang penyok halus atau "lesung pipit" pada body mobil. Saya sendiri sebenernya nggak ngeh kapan pintu mobil saya ini kepentok tau-tau udah keliatan aja, walau jika dilihat sekejap tidak akan terlihat baru setelah body mobil terkena sinar lampu / matahari baru deh tuh keliatan lekukan penyoknya.

PDR Paintless Dent Removal
PDR - Paintless Dent Removal - image by google images
Setelah browsing sana sini, akhirnya saya menemukan sebuah teknik yang bisa mengembalikan "lesung pipit" pda body mobil tanpa pengecatan ulang !. Knp nggak diklaim asuransi aja mas ? jawaban saya nggak ah, alasannya karna penyoknya sangat halus, jika pake asuransi maka udah pasti 1 panel pintu mungkin akan di cat ulang dan kemungkinan belang udah pasti ada (walaupun kecil).
PDR ...paintless dent removal, adalah semua teknik yang bisa mengembalikan 'lesung pipit" body mobil anda seperti baru ! namun ada beberapa syarat yang harus di penuhi antara lain :

  • lekukan tidak berada pada tulang body
  • lekukan tidak berbentuk seperti koma
  • lekukan tidak sampai melukai cat , jika ini terjadi maka yang bisa di fix hanya lekukannya saja, cat hrs tetap di repaint.
  • lekukan tidak berada pada bumper mobil (plastik)
  • sebisa mungkin body cat adalah masih oroginal pabrikan, jika penyok / lekukan berada di daerah yang pernah di dempul, hasilnya tidak akan sempurna



Pengerjaannya juga bisa di bilang cepat, untuk kasus saya sendiri 2 peyok halus hanya 1 jam, bisa lebih cepat bisa juga lebih lama , semua tergantung pada kondisi and letak peyok.
Untuk harga sendiri gmn mas ? murah ! 1 penyok mulai 75rb-100rb, mobil kamu bisa kinclong lagi dan harus nunnggu minggu2x plus harus repaint lagi (jika klaim ke asuransi).
Trus untuk caranya sendiri gmn mas ? kalau saya lihat ada 2 cara

  1. Yang pertama, pada bagian lekukan diberi semacam lem, lalu ditempel semacam pengait, kemudian pengait disambungkan lagi ke tongkat besi dan kemudian ditarik perlahan kearah luar dengan tujuan agar lekukan bisa tertarik keluar.
  2. Yang kedua kadang menggunakan tongkat besi yang dimasukkan ke dalam sela-sela kaca pintu kemudian dari dalam bagian yang penyok tadi didorong keluar.
Sebagai langkah finishing biasanya permukaan body akan di ketok-ketok dengan palu (ujungnya karet) agar hasil lebih sempurna.

PDR ini biasanya banyak di gunakan oleh mereka yang punya mobil baru karna biasanya mobil baru jika ada penyok halus sedikit saja pasti akan kelihatan dan biasanya juga ownernya pun tidak akan tinggal diam melihat penyok tsb menempel di mobil baru mereka :D
Well, jika anda punya mobil baru coba deh amati secara detil bagian samping (dengan bantuan sinar lmapu / matahari) biasanya suka ada duh "lesung pipit" nya :D

untuk lebih jelasnya monggo di intip2x gambar2x dan video dibawah

PDR Paintless Dent Removal
Penyok Halus Pintu Kiri
Hilangkan Penyok Tanpa Pengecatan
Sebelum dimulai, body di sinar dulu untuk mengetahui lokasi dan betuk penyok

PDR Paintless Dent Removal
Before and After setelah di PDR





2 comments:

  1. Asuransikan mobil anda dengan ACA.. ada promo special cash back nya lho gan. hub: Galih 081212945758 (CALL/WA)

    ReplyDelete