Thursday, February 20, 2014

Modif Ringan Ninja 250 FI - Part 1

Setelah menunggu lama .......akhirnya terkumpul juga nih duit untuk modif si onta (maklum bro anak kos hehehehe), onta nama panggilan ninin 250fi gw broo... knp onta ?? itu loh tangkinya kaya punuk onta, gede bangetz (pake z ya :D)
fungsinya juga sama buat nampung air / bahan bakar :D, cmn onta yang ini gak bisa irit bro gak kaya onta sebenernya yg bisa gak minum ampe berhari-hari :D, halah bahas apa coba? ....

Yoshimura Full System.

Seperti biasa....dari kelapa gading hari sabtu langsung ngacir bengkel langganan dan kebon jeruk III di daerah gajah mada,
waktu tiba di bengkel sebenernya ngga da niatan sama sekali untuk ganti knalpot, meski udah ada niatan untuk menggantinya, tapi ngga sekarang deh, masih pengen standart-an aja .
Selang beberapa menit, tiba" datang seorang custumer dengan membawa knalpot bermerk Yoshimura tipenya Full System, dalam hati mungkin dia mau pasang disini kali yah...eh ternyata bener...

Saya sih sebenernya pengen banget nih knalpot, selain suaranya adem ngebas di rpm bawah, tapi rpm atasnya menggelegar banget (menggelegar tapi enak, ngga keras), kalau diliat dari knalpotnya sih
ini bukan knalpot asli, setau saya yoshimura asli hanya bisa di beli di distributor resmi yoshimura ..., karna rasa penasaran saya langsung tuh nanya ke mekanik kawasakinya





me : Mas, ini Yoshimura KW ya?
mekanik : iya mas, bukan yang ori...
me : emang bedanya apa mas ori sama kw ??
mekanik : hmm... yang jelas beda material mas, klo masalah performance tergantung setingan aja...
mekanik : plus klo ori itu dapat gengsinya aja mas, itupun klo yang liat ngerti :D
me : emang klo ori itu gak nembak ya mas ?? (pertanyaan nubie mulai muncul)
mekanik : semua pasti nembak mas, cmn kita bisa kurangi efek nembaknya....
me : oh ........
me : trus piggyback itu perlu ga mas? secara mahal bgt ..
mekanik : ngga usah pake piggyback mas, sayang uangnya, mahal,
me : emang gpp mas? kan debit baha bakarnya harus diatur ulang ??
mekanik : ya asal kamu gas / motornya yang bener aja ......jgn lsg maen betot gas seenaknya, diurut aja mas....
me : oh...dlm hati ini dia ngomong gini apa gara" dia gak bisa pasang piggyback ya? :D entah lah ....
mekanik : sekarang gini aja, mas liat v-ixion, itu motor tahun brp keluarnya?? sering liat kan motornya dipakein knalpot racing?? ada yang pake piggyback?? ...
me : oh ...iya juga sih (tapi entahlah .....masih bingung piggyback itu perlu apa kaga)

akhirnya, selesailah sudah knalpot tuh orng dipasang, seting and its done ..!!!
pas motor dihidupkan....bep bep bep ....suara knalpot kas 2 silinder adem ngebass bro  .....apalagi pas dibetot bergetar deh tuh kaca dealer ....
karna denger suaranya yang ngebas banget....akhirnya ngga kuat hati ini menahan (tsaah pake hati ya? :D)...
akhirnya gw pesen juga nih knalpot dan dipasang dihari itu jugaaakkk !!! dan masih dengan kebingungan hrs pasang si piggy atau nggak ?? (will decide this later....)






Impresi setelah ganti knalpot....
1. tarikannya jadi lebih responsif.
2. Kudu maenin gas bro biar gak nembak :D, meski munculnya juga kadang")
3. Top speed ?? blmm.... masih inreyen broo atut....mak yang pernah cuman 120km/h

overall sih gw puas sama Yoshimura ....suara yang adem ngebas....kekurangannya cmn satu !!!, apa coba ?? pasaran !!!!! udah banyak yang make :(

Tire
Untuk urusan satu ini, udah pastilah pilihan jatuh ke Bridgestone Battlax, mau beli michelin or dunlop denger" lebih mahal lagi....
Battalx S20R (120/60 , 150/60) akhirnya terpilih sebagai pengganti si IRC road winner...knp S20 ??
1. Bentuknya ngga kotak, cocok buat saya yang suka mirin" / cornering.
2. Bahannya yang soft compound, hrsnya merekat kuat di aspal waktu cornering, tp tidak dianjurkan loh untuk jalan basahh ban ini ...
3. harganya bro, paling murah setelag BT92, knp saya ngga pilih BT92 ?? bentuknya terlalu kotak (bidang sentuh ke aspal luas), mungkin ban ini klo buat turing enak, cmn klo buat cornering sih saya pribadi ngga yakin.

Impresi Battlax S20
Kalau jalan lurus kayanya sama aja yah sama standart, cmn klo buat "mereng2x" wah ena banget, motor gampang banget di rebah-in, tidak seperti ban standartnya yang butuh effort besar untuk membuat si onta ini merebah.
Worth it lah saya keluarin uang seharga 2,7juta ....



Modiflainnya....

STANG
Untuk stang saya ganti dengan merk NUI warna gold, knp stang saya ganti ?
1. Biar motor agak ceper, plus saya ngga harus super jinjit bro...maklum tinggi cuman 161 :D
2. Stang orinya terlalu tinggi,kaya motor turing :(
Setelah dipasang enak bgt posisi ridingnya (untuk postur tubuh saya ya ...), di lampu merah juga bisa agak napak nih kaki....kelemahanya ya kudu ekstra hati" kalau ada polisi tidur hehhehee

FRAME SLIDER
Untuk urusan ini saya pilih yang murah aja, yang penting bentuknya gak norak, dan harganya gak lbh mahal dari 1 fairing ninja....masa yang melinndungi lebih mahal dari yang dilindungi ?? :D
Pilihan jatuh pada merk MHR, murah bro cmn 450rb hahah darpd merk lainnya sampai 1 juta lbh...


sekian dulu dah yah modifikasi si onta part 1...nantikan part 2 di artikel saya selanjutnya :D






15 comments:

  1. Gak capek pakai harian 250fi nya gan?ane mo beli juga tp jinjit ne.tinggi 155ane nya.

    ReplyDelete
  2. ane juga cmn 160 gan, jinjit juga, capek sih klo body seukuran kita, terutama telapak tangan, makanya harian sy pake ninja RR lbh nyaman .., 250FI nya cmn buat jalan deket" aja

    ReplyDelete
  3. Ane tinggi juga 163 cm, naik kelas dari sebelumnya pakai bebek, trus CBR 150 old, sekarang pakai Ninja 250R carbu. Ane berani pakai ninja 250 karena tau motor ini bisa si modif secara mudah (PnP) untuk mendapatkan riding position yang kita inginkan. Dipasaran ada lowering kit, uppering riser, sama underbone after market dari yang mahal sampai murah. Ane pakai lowering kit untuk shock belakang, turun kira-kira 4 cm jadi nggak jinjit tapi standar samping asli tetap terpakai. Untuk depan diturunin 2 cm tapi tetap pakai stang orisinil hanya di tambah uppering raiser, jadi posisi stang lebih ke touring walau tetap agak bungkuk, pas buat harian. Posisi kaki ane pakai underbone bikers, yang bisa distel dari posisi sesuai footstep ori sampai yang agak tinggi kalau senang cornering. Jadi intinya, motor ninja 250 ini riding posisinya bisa diatur senyaman yang agan inginkan, dari mulai tinggi jok, tinggi stang, posisi kaki apalagi kalau suka modif performance sama tampilan, puaaasss gan, after marketnya banyak bener. Kendala yang ane alamin paling kalau tempat tujuan kita parkiran motornya dempet-dempet banget, takut baret motor kesayangan ane ..... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi motornya nungging apa ngga ya ?
      klo depan 1cm belakang 3cm

      Delete
  4. @black ninja 250R.

    Oke bro, boleh juga tuh sarannya, thanks udah berkunjung di blog ane .....

    ReplyDelete
  5. Sama-sama gan, lowering 3cm depan belakang, fairing bawah kita masih lebih tinggi dari dak motor mio kok, jadi masih aman bener dijalan (ada lubang, polisi tidur) dan nggak terlalu racing. Soalnya kalau diketerangannya lowering kit aslinya bukan buat kendala tinggi badan (jinjit), tapi buat kestabilan di sirkuit ( soalnya makin ceper motor, makin stabil dibawanya). Pengalaman ane, untuk nurunin 3 cm, posisi dari aslinya cuman berubah 1cm an, gw juga bingung kok bisa begitu ..... hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lowering depan itu raiser stang ?
      apa pake stang jepit >?
      klo raiser stang ada yang 2cm / 3cm ga ya ?
      di bandung ..

      Delete
  6. Gan ane baru ganti fs juga . Ane mau nanya .. Kira2 agan dah pasang piggyback di motor agan ? N.gimana gan Knlapot.fs tanpa piggyback pengalaman agan ? Aman2 saja ? Please.need.info 089682991136 thx gan

    ReplyDelete
  7. @fazar : Fs tanpa piggyback aman2x aja kok gan ...lbh bnyk yg gak pake drpd yg pake ...klo ada yg rusak karna ga pake piggyback mungkin udah rame di blog2x motor ...

    ReplyDelete
  8. salam kenal gan,, sepertinya kita tetanggaan nih, sya tinggal di sukapura,, boleh lah minta pin bbm or no tlp nya, biar bsa sharing2 gan....

    ReplyDelete
  9. Jadi mendekin stang pake raiser stang ya

    ReplyDelete
  10. Pake ninfi capek bro buat harian motor berat apalagi kalo tangki full kaya di oyak2 kalo berhenti dijalan,padahal tinggi saya 181 cm badan sy kurus,jangankan dikota kalo turing aja capek klo dibawa pelan,tuh motor kalo dipake di sirkuit sm ngebut baru enak bgd rasanya wktu itu ane tmbus 157km/jam disentul wktu mtr masi knalpot standar,oia saran sih kalo buat harian jgn gt stang sm underbone.

    ReplyDelete
  11. iya bagus frameslider beli yang murah, jadi kalo jatuh biar patah tuh frame slider, dan baret hancur patah bodynya? bagus logikanya bro.

    ReplyDelete