Tuesday, June 30, 2015

Manfaatkan Cloud Service Untuk Menyimpan Address Book / Kontak di Smartphone Anda

Bro Sekalian...

Sekilas Perkembangan Handphone
Perkembangan di dunia mobile phone skr sudah sangat pesat sekali, masih teringat waktu SMA dulu sekitar tahun 1996-1999, sebuah handphone saat itu masih sangat wah sekali.
Sesekali teman saya yang pada saat itu membawa handphone nokia "pisang" ke sekolah dan itu sangat keren sekali ...


Nokia 6110
Awal tahun 2000-an, semenjak saya kuliah, handphone sudah mulai terjangkau dan mulai banyak pilihan.
Saat itu Nokia masih mendominasi pasar dengan Symbian sebagai operating systemnya, mulai dari nokia 3310,3310,3250 sampai 8310 ...,dan tidak lama kemudian Nokia pun
menciptakan smartphone yang luar biasa keren pada saat itu masih ingat kan dengan Nokia 3650, 7650(sumpah ini HP keren banget dulu, pengen beli nggak kesampaian hehehe) ..sony erriscon juga tidak mau ketinggalan pada saat itu dengan mengeluarkan
T68i, P800, dan P900, sebuah hp dengan layar lebar plus touchscreen ..sungguh mulai membuka mata kita akan teknologi....

Nokia 7650 | GSMArea
Masalah yang kerap dihadapi orang jika handphone mereka hilang adalah kontak / address book yang ada di dalam HP, knp ? karna kalau HP masih bisa dibeli, tapi kalau kontak / no telp ?? nah loh!.
Hal ini terjaadi karna pada waktu itu fitur "cloud services" jarang ada / atau masih belum di implementasikan di HP pada saat itu. Media penyimpanan kontak hanya ada 2 pilihan, yang pertama adalah di HP itu sendiri dan ke dua di kartu (yang hanya bisa menampung sampai 255 no telp waktu itu).

Apa itu Cloud Services ?
mas bro bisa baca di http://www.cloudindonesia.or.id.



Android, Mac Os, Windows Phone, Blackberry OS ....
Memasuki era tahun 2008-an, Google hadir dengan OS yang bernama Android, dan saya nggak nyangka OS itu begitu hebat dan begitu flexible plus hampir merajai seluruh OS di smartphone dipasaran.
Nokia dan Blackberry adalah brand yang paling kena dampaknya dengan kehadiran Android ini !

The Real Smartphone ....
Handphone sekarang hampir semuanya menerapkan fitur Cloud Services, fitur ini otomatis ON ketika kamu terkoneksi dengan internet.

Contoh di Ponsel Android
Ketika brosis hendak menyimpan no telp baru, android akan memberikan opsi, mau di simpan dimana kontak ini ? apakah di HP ? apakah di email ?, jika orang yang tidak tau kebanyakan akan men-save kontak di HP (karna sudah kebiasaan dr HP jaman dahulu),
saran saya, simpanlah semua nomor kontak ada di email contacts, jika suatu saat brosis sial alias HP nya hilang ....tinggal beli HP lagi, aktifkan layanan internetnya (kalau pakai android pakai pakai email gmail yang sama), maka dalam beberpa menit or jam, semnua kontak yang ada di email (gmail) akan ter-sinkronisasi dengan kontak yang ada di HP anda :).
So, HP hilang tapi masih teriak "bukan masalah hpnya sih mas, tp kontak nya itu yang penting" ?? udah nggak jaman lagi brosist hehee.

Kontak di HP Android Saya

Bisa brosist lihat gambar diatas, semua kontak saya di HP selalu ada tanda "g" yang artinya, setiap kontak terintegrasi / ter-sinkron dengan kontak email gmail saya, segala perubahan perubahan kontak di HP akan berdmapak pada kontak email gmail saya, begitupun sebaliknya :).

Hal diatas tidak berlaku untuk kontak saja, OS ponsel skr makin pintar, dia bisa otomatis men-sinkronisasi gambar2x di gallery HP kamu ke media sosial atau online store seperti dropdbox!. So? hp hilang masih teriak "yah gambar2x gw sama mantan ilang deh :(" ? udah nggak jaman brosist ?hehe

Atau jika kamu baru punya smartphone tahun 2015 dan ini smartphone pertamamu !, males input kontak satu per satu ? jgn kawatir, kamu bisa pake bantuan Facebook, tinggal instal Facebook, jalan kan mode "sync my contacts" , dan dalam sekejap semua kontak teman2x kamu di facebook akan masuk ke smartphone kamu :)

Last ...diatas mungkin hanya secuil manfaat dari cloud services di smartphone yang bisa saya sampaikan , kedepan OS smartphone mungkin akan semakin pintar.....dan tidak mungkin ke depan fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelegent) akan di tanamkan ke dalam ponsel sehingga membuat ponsel itu bisa berpikir dan membuat keputusan layaknya manusia :).
Sekian brosis, thanks for reading ya ....





0 comments:

Post a Comment