Wednesday, October 7, 2015

Biaya Service Ringan Ninja RR

Bro Sekalian,

Weekend adalah salah satu hari yang paling tepat untuk men-service berkala tunggangan kita,terutama orang kantoran seperti saya, monday to friday udah nggak mungkin bisa service. Motor (Ninja RR) ini kebetulan saya pakai sehari-hari, jarak tempuh Kelapa Gading -Sudirman sekitar 38KM PP, jd ya lumayan juga perjalannya. Service berkala biasanya saya lakukan jika sudah sampai 3500-4000KM, mungkin sebetulnya bisa lebih lama tapi karna motor ini saya pakai untuk harian, jd alangkah lebih baik jika diservice lebih rutin.

Kawasaki Ninja 150 RR
Kawasaki Ninja 150 RR

Pengecekan Service Ringan Kawasaki Ninja150 RR
Meliputi pengecekan apa saja sih yang dilakukan saat service berkala / ringan, berikut beberapa items yang pasti dicek , tiap mekanik mungkin tidak sama dan tergantung keluhan dari usernya juga.



1. Superkips
Mekanisme superkips adalah part yang wajib untuk di bersihkan dari kerak, jika tidak maka superkips akan sering nyangkut (tidak mau menutup), biasanya hal ini terjadi ketika kita sedang melaju pada kecepatan tinggi dan di RPM yang tinggi, kemudian melaju dengan kecepatan rendah / RPM rendah.
Cirinya bagaimana kalau superkips nyangkut ? yang paling gampang suara knalpot jadi beda, jadi lebih cempreng seperti kaleng krupuk (klok kata orang-orang mah hehe), yang kedua adalah tenaga di RPM bawah ngedrop banget, dan stasioner / langsamnya menjadi tidak stabil, terkadang juga bisa mati.

2. Karburator
Part yang kedua adalah karburator, pastikan karburator dibersihkan agar suplai lebih josss dan lari makin enak.

3. Oli Samping dan Setelannya
Oli samping juga part yang sangat vital, jika oli samping habis, mesin akan panas dan bisa jebol :(. Selain itu setelah oli sampingnya juga dicek, apakah sudah standart, terlalu irit mesin akan cepat panas, terlalu boros kerak akan lebih cepat menumpuk di ruang bakar.
Seting oli samping boros mungkin diperlukan bagi mereka yang kondisi blok silindernya sudah agak parah, hal ini agar melindungi dinding silinder blok agar tidak makin tergores / baret.

4. AKI
Part lainnya adalah aki, jika udah ngedrop bisa diganti yang baru, atau alternatifnya bisa dengan cara menambah air akinya.

5. Ganti Oli Mesin
Setiap kali service, saya selalu mengganti oli mesin dengan yang baru, biasanya pakai yang semi sintetik aja karna untuk mesin 2 tak oli hanya melumasi bagian kopling dan gearbox, tidak seperti motor 4 tak.

6. Lain2x
Disini biasanya mencakup setel kekecangan rantai, tekanan ban dsb sesuai keluhan pelanggan.

Nah, kira-kira itulah yang saya lakukann ketika service berkala sang kuda besi, alhasil selama 2 tahun motor tidak pernah rewel, mati, dll , turing Jakarta - Jogja via Pantura gas polll tanpa masalah...

Biaya Service Ringan / Berkala Kawasaki Ninja RR
Untuk service ringan dealer sudah mematok harganya (diluar Jakarta mungkin berbeda) dan biasanya dibagi menjadi 2 yaitu
  1. Biaya Serivice (Rp 70.000)
  2. Oli Mesin (40-50rb)
Jadi total sekitar 120rb paling mahal :), murah bukan untuk sebuah motor sport yang bisa lari kencang sampai 140kmh lebih hehe.

OK, mungkin ada yang mau nambahin? monggo dikomen ya ...



1 comment:

  1. Kalo service besar dipatok berapa om kalo di bengkel resmi

    ReplyDelete