Tuesday, November 17, 2015

Ini Loh Bentuk Piston Ninja 250R Setelah 7 Tahun, Masih Kinclong!

Bro Sekalian, sewaktu saya sedang men-service motor minggu lalu, seperti ada sosok Ninja 250R (karburator) yang sepertinya sedang turun mesin dikarena kan keluar asap dari ujung knalpot, entah apanya yang minta di ganti yang jelas letak kesalahan bukan pada piston dan blok mesinnya. Ketika saya lihat ternyata motornya memang sudah cukup berumur yakni tahun 2008, dan baru sekarang dilakukan service besar dan itupun karna ada masalah (knalpot berasap), yup piston sudah berumur 7 tahun-an, dan ketika dibuka, dinding piston masih kinclong,

ini sekaligus menunjukkan betapa bersihnya ruang bahan bakar ninja 250R ini (4 tak) dibandingkan dengan ninja 2tak, dan kata si mekanik, pistonnya sudah lumayan jorok karna orngnya tidak teratur men-service motornya, wah gmn kalau rajin ya ? pasit makin bersih aja tuh piston.
 
Piston Ninja 250R
Piston Ninja 250R
Piston Ninja 250R
Piston berumur 7 tahun masih kinclong

Piston Ninja 150
Piston Ninja 150 Berumur 2 tahun udah gosong
Jadi kalau ninja 4 tak ketika diservice besar, piston dkk nya tidak selalu harus diganti, hal ini sangat kontras sekali dengan ninja 2 tak yang mana sewaktu service besar, 1 set piston dkk mutlak untuk diganti karna biasanya sudah baret dan gosong, plus tidak menutup kemungkinan blok mesinnya juga diganti (jika baret pada dinding silinder sudah terlalu parah). Jadi, kalau dipikir2x skr, kok biayanya jadi lebih mahal ninja 2 tak yah dprd ninja 4 tak ? apalagi yang sudah injeksi, memang sih sekali ganti oli lumyan mahal, tp piston + blok mesin dkk sangat jarang sekali hrs diganti. Hmm, gmn pendapatmu bro?




0 comments:

Post a Comment