Tuesday, November 17, 2015

Selamat Tinggal Gas Nyangkut, Selamat Datang Keihin PWK 28 By Kawasaki Jepang

Bulan november adalah bulan dmn kita memasuki musim hujan, untuk sebagian motor memang tidak masalah, jikalah ada masalahpun palingan cuman putaran gas yang seret karna air hujan yang masuk ke dalam slongsong gas / kabel2x yang akhirnya berkarat, tp tidak untuk Kawasaki Ninja 150 RR yang memakai Mikuni sebagai karburatornya, saya sendiri sudah 2 tahun lebih memakai karburator ini, dan sekarang sepertinya sudah makin parah ketika hujan, namun hal ini tidak berlaku jika panas / kemarau. Nah, daripada kenapa2x nanti / jatuh, mending saya ganti secepatnya dan hari ini pun saya langsung pergi ke Kawasaki Gunung Slamet, kenapa ke beres ini? karna kebetulan kenal mekanik (hampir semua kenal) di Kawasaki Gunung Slamet, setelah minta beberapa pendapat akhirnya saya disarankan untuk memakai karburator Keihin PWK 28 Kawasaki Japan Asli !!!, no abal2x. Berikut percakapan antara mekanik dengan saya.
Mekanik Kawasaki Motor Indonesia
1 Motor banyak banget yang ngerjain :D
Box Keihin PWK 28 Original Kawasaki
Box Keihin PWK 28 Original Kawasaki

Kemasan Keihin PWK 28 Original Kawasaki
Ada Kode Barang, dan tulisan Made In Japan
Kotak Keihin PWK 28 Original Kawasaki
Kotak / Box  Keihin PWK 28 Original Kawasaki



S : Mas, sabtu kmren kan udah di bersihin nih karbu, kmren ujan, nyangkut lagi gasnya, parah pula, tp kalau dipake agak lama, udah nggak sih.
M : Yah, itu biasanya mas, penyakit Mikuni, udah baret itu, makin lama makin parah loh.
S : Pengen ganti karbu mas.
M : Kalau mau pakai yang original dari kawasaki jepang, PWK 28.
S : Berapa harganya mas ? total semua sama jasa dll.
M : Ya sekitar 2.5jutaan mas, terima beres, tinggal gas
S : Minusnya apa mas pake karbu ini ?
M : Nggak ada, cuman sedikit boros aja dari standartnya, ya wajarlah, power naik, konsumsinya juga naik, tp gak beda2x jauh kok sama Mikuni.
S : Oh begitu ya ?, kalau saya baca2x di internet, kan banyak tuh mas PE28, PWK Sudco, dll.
M : Banyak sih, tp banyak karbu KW skr, susah bedainnya, yang murah juga ada, dibawah 500rb PE28 tp abal2x mau ? kalau saya nggak mau dek, bukan apa2x, kalau udah KW setingnya suka susah, cocok2xan, belum lagi nanti yang nggak stabilah langsamnya dll lah, kalau udah begini saya juga males dan report, ke kamu juga ngak enak, karna harus beli PJ dan MJ sampe ketemu yang cocok.
S : Oh gitu ya mas.
M : Iya, kalau yang ori, udah pasti pas setingannya, saya jamin,lsg pas, langsamnya pun lsg dapet, gak perlu coba ini coba itu, lagipula ini kan dari kawasaki juga karburatornya, jd udah pasti terjamin lah, plus saya juga udah pasang banyak ini karburator ke beberapa teman saya.
S: * Cuman angguk2x , tp bener juga sih, dia mungkin malas seting karburator abal2x, udah lama, coba coba-coba berbagai ukuran pj mj*.
M : Oh ya dek, nanti ini klo udah pake karburator ini, hati2x maen gasnya yah, soalnya enteng / lembut banget, respon gasnya juga sensitif, takut keenakan geber-geber tar malah knp2x.
S : Siap mas.Oh ya mas, ini udah ga bakal nyangkut lagi kan pas musim hujan ?
M : Nggak dek, saya jamin, bahan skepnya bukan kaya Mikuni, ini jauh lebih kuat.
S : Ok deh.

Karburator Keihin PWK28 Original
Keihin PWK fresh from the box !
Kawasaki Ninja RR Karburator Keihin PWK28
Karburator Keihin PWK28 Terpasang Di New Kawasaki Ninja RR
Ya kira-kira begitulah percakapan saya dengan salah satu mekaniknya.Jadi intinya kalau mau pake karbu abal-abal / KW, bisa aja, cuman cocok-cocokan, langsam suka gak stabil, kadang dimotor 1 cocok motor lainnya gak cocok, makanya jadi pada males mekaniknya, yah maklum lah mas bro, klo yang murah suka banyak KW nya kkwkw...
Kawasaki Ninja RR Karburator Keihin PWK28
Karburator Keihin PWK28 Terpasang Di New Kawasaki Ninja RR
OK, setelah di pasang, kalau tidak salah PJ dan MJ disesuaikan lagi (jd asli bawaan tidak dipakai, saya lupa berapa ukurannya) biar mesin aman dan tidak jebol katamya, seting beres, langsung digeber sama mekaniknya (cuman di bengkel ini membiasakan motor di geber maksimal setelah seting), dan tiba2x lah saatnya saya mencoba....dan apa yang saya rasakan ?
  1. Gas enteng banget !, rpm mudah naik, ini enak banget klo lagi macet, tinggal tarik dikit, motor udah maju.
  2. Napas tiap gigi seolah-olah gak ada habisnya dan tidak ada gejala power drop waktu pindah gigi.
  3. Brebet ? ilang !!!
  4. Getaran mesin lebih halus untuk RPM menengah - atas.
  5. Respon gas sangat sensitif, geser dikit, RPM langsung naik, RPM 9rb gampang banget diraih, mesinpun tidak teriak.
  6. Setelah di geber 11rb PRM, kemudian di rem sampai berhenti, mesin langsung langsam dengan enaknya.
  7. Untuk RPM yang sangat rendah (dibawah 3000), sepertinya suara knalpot lebih serak / tidak senyaring mikuni, tp untuk RPM menengah - atas, sepertinya tidak ada bedanya
  8. Konsumsinya ? blm tau, karna saya masih baru pakai 1 hari kwwkkw...
OK sekian dulu review awalnya, untuk performance mungkin bisa saya jabarkan setelah 1 bulan pemakaian.
     
     








6 comments:

  1. Mas mau tau doong ukuran PJ dan MJ nya, Thx

    ReplyDelete
  2. Kemahalan bro,, karbunya itu karbu pwk kx85 original kawasaki, harga segitu mending dibeliin pwk sudco.. Lebih gahar drpd ori kx.

    ReplyDelete
  3. Aku barusan beli aja 1.45 jt barang persis gt , itu punya kx to broo
    Pake pj mj 48 , 145 kalo mesin standar dah enak , klip di tengah dah jos, 2,5?? Di bohongin ente tu hahahaha ,,

    ReplyDelete
  4. Sebenernya dia enggak di bohongi. Tapi memang rata2 kawasaki gila2an pasang tarif jasa service.
    Aku aja gx pernah service di bengkel resmi. Pernah tanya biaya ganti piston set berikut jasa nya. Dia bilang sekitar 1.6jt
    Dalem hati saya.. Eiittss itu congor enteng bngt matok harga. Beli part sekitar 650rb.
    Masang part 2 tak mah sambil merem aja saya bisa (dalam hati tp) hehehe..
    Selama saya punya motor gx pernah ke bengkel2. Selama itu saya bisa lakuin sendiri. Knp harus bayar mahal ke beres.
    Apalagi bro ini. Hanya ganti karbu doang jasa nya 1.000.000.00 nol nya aja banyak gitu hehehe..
    Terlalu mahal harga jasa hanya untuk jetting sebuah karbu.
    Saya aja tanya service berat hanya di kitaran 800rb.
    Hehehe maaf sedikit curhat. Tp semoga bisa di jadikan pandangan buat rekan2 semua.
    Duit itu gx jatuh dari lagit gitu aja. Susah cari nya. Oke sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete