Monday, November 2, 2015

Smart Workplace By Cisco

Tanggal 29-30 oktober kemaren, saya dan beberapa tim IT kami mendapatkan undangan dari Cisco System Singapore. Tujuan dari undangan ini antara lain untuk update teknologi dan tim cisco singapore memperkenalkan teknologi baru mereka kepada kami.

Cisco Office Singapore
Cisco Office Singapore
Smart Workspace 
Cisco singapore sendiri sekarang mempunyai karyawan sekitar 1200, dan kebanyakan dari mereka sistem kerjanya mobile alias jarang dikantor, akibatnya banyak sekali desk / meja di kantor yang tidak terpakai, hal ini adalah salah satu lahirnya smart workplace di Cisco singapore (cisco global sudah mulai terlebih dahulu). Apa sih Smart Workplace itu ? Smart Workplace adalah suatu mekanisme tempat kerja di kantor dmn setiap orang boleh duduk dimana saja, kapan saja, jd disni tidak ada istilahnya ruang pribadi / meja pribadi. Setiap hari karyawan harus membooking workplace mereka di sistem aplikasi yang sudah ada, jadi jika hari ini anda mau diskusi dengan orang finance, maka anda booking tempat duduk yang berada di sekitar orang finance.

Cisco Workplace
Cisco Singapore Workplace
Nah, dengan diterapkannya sistem seperti ini Cisco bisa menhemat tempat dari yang asalnya 70% desk yang tidak terpakai setiap harinya, sekarang manjadi 70% ruang terpakai dan bisa dipakai oleh siapa saja, dan karna adanya sistem ini, Cisco Singapore dari tahun ke tahun meski karyawan mereka bertambah, mereka tidak pernah melakukan ekspansi ruang kantor, nah dari sini Cisco bisa saving cost :).


Reserve / Booking Workplace 
Setiap karyawan diwajibkan untuk reserve workplace, bagaimana caranya ? banyak !, pertama waktu pertama kali datang ke kantornya, km lsg akan menjumpai LCD screen berukuran 32inch, yang menampilakn aplikasi reservation ini, tinggi pilih lokasi, tap kartu ID nya and its done !, semua langung diset otomatis oleh sistem seperti nomor ext, cabinet numer, and etc. Reservation juga bisa dilakukan via mobile (jika kamu sedang dijalan, km lsg bisa booking your workplace), jd intinya reservation ini bisa di akses melalui 4 cara :
  1. LCD Panel di tiap floor 
  2. Aplikasi Android / IOS
  3. Website
  4. QR Code (untuk reserve, kita bisa langsung scan QR code yang ada di meja)
Oh iya, aplikasi ini global loh, artinya jika ada karyawan Cisco Singapore yang berkunjung ke Cisco India, mereka bisa melakukan reservasi tempat kerja dengan menggunakan aplikasi yang sama dan card ID yang sama !! hebat kan ?

Tidak Ada Laci, dan Kabinet pribadi
Di Cisco, meja kerja kita, tidak disediakan laci / kabinet, hal ini karena semua karyawan Cisco mempunyai locker masing2x, jd berkas yang ada di Meja kerja adalah murni yang berhubungan dengan kerja saja !, untuk printer, fotocopy, fax dll tiap lantai disediakn tempat khusus, dan sebelum bisa menggunakan semuanya itu, kita perlu men-tap card ID kita.

Cisco Office Singapore
Meja Tidak Ada Laci / Tempat Penyimpanan

Cisco Office Singapore
Printer, Fax, Fotocopy in each floor
Entertainment Floor
Nah, sama seperti kebiasaan kantor2x di luar negeri, mereka memiliki entertainment area di kantor mereka, misalnya facebook, google dll, alasan mereka membuat area ini adalah kadang ide cerdas itu muncul ketika kita sedang bermain. Hal inilah yang paling membedakan dengan perusahaan di indonesia, jangan kan tempat bermain, internet aja di blok sana sini :).

Cisco Office Singapore
Ding Dong Game :p

Biasanya anak2x karyawan yang main

Cisco Office Singapore
Billiard at Cisco Singapore

Oh ya, satu hal lagi, kerja di perusahaan global seperti Cisco adalah hal yang sangat menarik karena kita akan bertemu orng dari berbagai negara, semua perfessional dan tidak ada yang saling lempar tuduh seperti di persh indonesia hehe.

Cisco Office Singapore
Pantri di tiap floor, rapih dan bersih ya :)



0 comments:

Post a Comment