Saturday, January 16, 2016

Kawasaki New Ninja 150 RR 2013 Sudah Menempuh 30.000KM, Apa Saja Yang Sudah Diganti ?

Memiliki tunggangan sport emang banyak diidamkan oleh para lelaki, tidak saja untuk diajak lari kencang nampun berguna juga untung mejeng, entah itu di mall, parkiran atau malah di lampu merah ? *narsis banget ya ? hehehe...

Kawasaki Ninja 150 RR stiker
Kawasaki Ninja 150 RR selfie :D
Motor semakin sering dipakai, maka harus semakin sering pula di rawat dan dicek part2xnya, begitu pula dengn tunggangan saya ini, saya pakai setiap hari untuk ke kantor dengan karak 40km (pulang-pergi), sang kuda besi inipun sekarang sudah berumur kira-kira 2.5 tahun dan tidak terasa juga KM odometer sudah menunjukkan angka 30.000KM. Nah, jika sudah sampai KM segini apa saja kira-kira apa saja part yang sudah saya ganti ? simak ya brosist list dibawah (hasil tiap orang akan berbeda karna tergantung banyak faktor).



kawasaki Ninja 150 RR
Akhirnyah sampai juga 30.000KM, sehat terus ya sayang *eh


Blok Mesin.
Masih memakai blok mesin standart bawaan pabrik yakni 1855, untuk oli mesin dan oli samping saya memakai oli standart bawaan pabrik, tidak pernah mencoba merk lain. Dinding silinder masih halus belum tergores.

Piston, Ring dan Paking
Semua pernah diganti sewaktu service besar pertama kali di 21.000KM

Karburator
Ganti karburator standart (Mikuni) di KM 28.000 dengan Keihin PWK28 KX original kawasaki jepang. Alasan ganti karna suka macet kalau musim hujan plus autopilotnya bahaya banget, apalagi kalau motor suka dipinjam teman dan gak tau penyakit RR yang satu ini bisa bahaya

Bohlam Depan.
Diganti 1x di KM 25.000-an (lupa tepatnya berapa)

Bohlam Belakang
1x diganti di KM 10.000an, sekarang pakai yang variasi (lampu rem gabung sama sein)

Kampas Kopling 
Belum pernah diganti dari awal.

Kabel Kopling
Pernah diganti 1x, di KM 5000an karna berkarat terkena hujan.

Kabel Speedo Meter
1x pas di 14000KM

Gigi Nanas Speedo Meter
1x lupa di brp KM

Kabel Gas dan Kabel RPM
Belum pernah masalah dari awal

Kampas REM Belakang
Belum pernah diganti dari awal, jarang pake rem belakang jika jalan pelan, biasanya dipakau kalau abis lari agak kencang (mohon jangan ditiru ya)

Kampas Rem Depan.
Udah sering banget diganti, mungkin sekitar 5x

Cakram depan dan Belakang
Belum pernah diganti

Ban
Ban dari baru langsung diganti FDR Sport XR, dan ganti ban ke 2 di KM 28.000 merk Michelin Pilot Street, sebenernya kembangan ban FDR masih bangus, cuman takut kenapa2x mending saya ganti saja.

Gearset
Pernah ganti gear set depan belakang + rantai (ori kawasaki) di KM 14.000, alasan ganti karna waktu itu akan turing jakarta - jogja, nggak mau terjadi apa2x mending saya ganti dan masih saya pakai sampai sekarang.

Lampu Sein.
Ori udah dijual langsung, pakai sein variasi udah ganti 2x

Per Kopling (Yang letaknya di luar mesin)
Udah ganti 4x, nggak tau knp kok sering bgt patah pernya ? mungkin bahannya kurang kuat kali ya?

Filter Udara
Baru ganti 1x, tapi lupa di KM berapa (mungkin sekitar KM 25rb-an)

Tutup Blok Mesin (Kanan dan Kiri)
Ganti 1x, karna berkarat, bagian ini mudah sekali berkarat jika tidak rajin membersihkan.

Velg
Velg langsung ganti ke merk axio dari baru, ganti 1x dengan merk yang sama karna cuman pengen ganti warna aja :p

OK brosist, kira-kira itulah part2x yang diganti / aus karna pemakaian sehari-hari, jika ada yang mau menambahkan, monggo sampaikan di kolom komentar :)









5 comments:

  1. Bro kalo speedometer mati , odometer mati atau tetep hidup...

    ReplyDelete
  2. Numpang tanya, kalo breket fairing rr new penyok atau bengkok, bisa di reparasi atau harus beli baru...
    Trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperbaiki bisa bro kayaknya, mending beli baru cuman 125rb di beres klo gak salah

      Delete
  3. makasih banyak infonya ya BRO...
    motor ane udah 30000km lebih ini setiap hari dipake kerja + klo liburan maen keliling bandung & sumedang :D

    ReplyDelete