Wednesday, September 30, 2015

Perbandingan Performance Android vs Apple 2013 -2015 By Futuremark

Brosist sekalian...

Smartphones and tablets sekarang udah maju sekali perkembangannya, kalau jaman dahulu kita cuman mengenal beberapa merk saja (sebut saja nokia, motorolla, sony erricsson, dll) tp tidak demikian dengan sekarang.
Berbagai macam merk terus berdatangan dengan segudang fitur dan iming-iming harga murah untuk menarik minat pembeli plus menggerus pasar yang (mungkin) sekarang hanya dinikmati oleh beberapa produsen besar saja.

Dengan semakin banyaknya pilihan, fitur, operating system , kita tentu akan semakin bingung untuk memilih smartphone / tablet apa yang cocok dengan kebutuhan kita atau mana sih yang mempunyai performa lebih baik ?
Adalah Futuremark, sebuah perusahaan software yang bergerak di bidang benchmarking hardware PC, Android, IOS dan lainnya, tujuannya adalah agar kita bisa tau real performance gadget / PC yang kita miliki.

Sekilas Futuremark.
Buat para gaming enthusiast mungkin nama software benchmark seperti 3DMark 99, 3DMark 2000, 3DMark 2001, 3DMark 2003, PC Mark dll tidak akan asing lagi.


3D Mark 2003
3DMark 2003



3D Mark 2001
3D Mark 2001


Yup, itu salah satu produk dari Futuremark, sebuah software yang akan menilai seberapa kuat kemampuan pure hardware kita. Dulu software ini digunakan oleh beberapa media seperti (Chip, PC Plus) untuk menilai performance sebuah produk sebut saja VGA card atau CPU atau Memory RAM.
Jika masbro belum coba, monggo didownload di situs resminya jika ingin tau berapa sih score hardware nya ..dan hasil scorenya ini bisa kita upload ke server futurmark untuk di bandingankan dengan hardware users di luar sana.

Data Benchmark Futuremark.
Software futuremark telah di download oleh ratusan mungkin sudah jutaan di users di seluruh dunia plus hasil scorenya juga telah di unggah ke server futuremark, nah berdasarkan data inilah futuremark mencoba memberikan gambaran berupa chart tentang performance Android dan Apple.
Untuk lebih jelasnya, monggo dilihat di chart berikut


Perbandingan Peformance Android vs Apple
Perbandingan Peformance Android vs Apple

  • Data diatas adalah data yang diunggah ke server futuremark dari tahun 2013 - 2015 di seluruh dunia.
  • Dari data diatas dalam hal performance kita bisa lihat dari tahun ke tahun untuk kategori android dan apple
  • Untuk bulan Agustus 2015, samsung galaxy S6 Edge+ masih memimpin untuk kelas smartphones
  • Dari Juli 2014 Sampai Agustus 2015, Nvidia Shield Tablet memiliki performance paling tinggi bahkan mengalahkan smartphone yang pada range waktu itu
  • Untuk smartphone dan tabletnya, Apple sepertinya terus dibawah Android selama  periode 2013 - 2015.
OK brosist, untuk penjelasan dan analisa lebih lanjut mungkin brosist bisa lihat chartnya lebih dalam.
FOr futher info bisa dilihat langsung di web Futuremark www.futuremark.com

Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment