Thursday, October 1, 2015

Biaya Hidup Di Jakarta Untuk Anak Rantau Mahal ?

Brosist sekalian...

Jakarta merupakan kota idaman buat mereka pencari kerja, apalagi buat mereka yang diluar Jakarta ya meskipun nggak semua sependapat sih tapi secara umum saya bisa katakan begitu.

Kenapa Jakarta bisa jadi kota idaman buat pencari kerja ? alasannya
1. Gaji UMR Jakarta lebih tinggi dari kota lainnya di Indonesia
2. Banyak perusahaan besar baik itu BUMN, Swasta dan Asing
3. Gajinya gede loh di Jakarta (katanya loh ...)
4. Untuk karir lebih gampang karna bisa jadi kutu "loncat" dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya
5. Semua ada disini (Mall, Tempat Nongkorong, Hiburan dll)
6. Jakart adalah kota metropolitan dsb ....

Jakarta Career Expo
Career Expo

Nah, mungkin itu ya kira-kira yang ada dibenak pencari kerja. Hidup di Jakarta itu memang mahal tapi bisa juga murah kok semuanya balik ke diri kita, kalau ada yang bilang kerja di Jakarta itu keras? ya itu memang benar adanya ....
Saya bisa ngomong begini karna saya juga anak rantau yang mencari sesuai nasi dan segenggam berlian di Jakarta hehe.
Dibawah akan coba saya jabarkan berapa sih biaya minimal untuk hidup kerja di Jakarta (itungan ngirit ya )



1.Kos
Yang pertama adalah kamu pasti akan kos, klo ngontrak udah nggak mungkin selain mahal kamu juga harus kumpulin temen kamu untuk patungan.
Untuk kos di jakarta harganya sebenernya tergantung letak kantor kita, kalau kita kerja di daerah pusat bisnis seperti sudirman, thamrin, kuningan, mega kuninan, SCBD, kalau boleh saya ambil range kos termurah itu masih bisa didapat seharga 800rb / bulan (non AC ya), kalau untuk yang mahal gmn ? klo mahal jangan tanya deh klo di Jakarta, gak bakal mampu !.
Jika kantor kamu berada diluar pusat bisnis, seperti yang saya utarakan diatas, biaya kos perbulan mungkin bisa dapat 600rb / bulan....jadi sebenernya biaya kos tergantung letak kantornya.
Solusi lain adalah jika kantor kamu di pusat bisnis tapi harga kos selangit kamu bisa cari kos didaerah non CBD tapi harus dilalu jalur bussway , knp ? saya jelasin di bawah.

2.Transports
Punya kendaraan sendiri di Jakarta sangatlah membantu,kamu bisa cari kos dmn aja yang murah plus bisa cari jalan alternaif ke kantor. Nah, untuk yang nggak punya kendaraan gmn ? ya salah satu cara adalah
cari kos yang dilalui oleh jalur bussway !, knp bussway ? karna bussway cukup murah ! jauh dekat hanya 3500, mau keliling Jakarta pun akan tetap 3500. Kalau angkot bagaimana ? ya bisa saja, asal jangan sampe berkali-kali ganti angkot baru sampai kantor, yang ujung2xnya mahal di ongkos.

3.Makan
Untuk urusan makan di Jakarta meskipun kamu kerja di pusat bisnis masih bisa ngirit kok,saya aja masih bisa makan 10.000 loh di sudirman :), asalkan mau jalan dikit lah ....kalau makan di foodcourt gedung ya pasti mahal kec gaji kamu gede itu lain soal.
Jadi untuk urusan makan jangan bilang biaya makan di Jakarta itu mahal !!, semua balik ke orangnya.

4.Hiburan / Entertainment dan Pergaulan
Nah, ini dia biang kerok yang akan membuat tabungan kamu gak ada isinya hehe, gmn nggak ? tiap kali gajian ajak teman untuk nonton or nongkrong dan lainya selalu datang, klo nolak dibilang nggak gaul , jd serba salah :).
Apalagi buat kalian yang demen ngemall, Jakarta adalah surganya mall, di satu jalan raya aja kamu bisa menemui mall sebanyak 8 mall dan itu belum jalan-jalan yang lain.

So guys, asal kita bisa menyesuaikan diri kita dengan keadaan, biaya hidup di Jakarta bukanlah sesuatu yang sangat mahal kok, Jakarta sangat bagus jika kamu adalah seorang yang workholic tapi tidak untuk seseorang yang suka dengan hidup santai

Terima Kasih sudah mampir di blog ane :)

0 comments:

Post a Comment