Saturday, November 14, 2015

Tips Sebelum Membeli Kawasaki Ninja RR

Membeli motor bekas adalah merupakan salah satu pilihan yang cerdas, asalkan kita tahu betul tentang barang yang akan kita beli. Kawasaki Ninja 150 series adalah salah satu kuda besi yang laris manis, baik itu baru maupun bekas karna untuk urusan performance motor satu ini tidak usah diragukan lagi, kecuali untuk tanjakan extreme ya, karna habitat motor ini aslinya adalah sirkuit, bukan untuk naik turun gunung.

kawasaki ninja 150 rr
Kawasaki Ninja 150 RR
Jika di liat dari olx. bukalapak dsb, anda mungkin akan mendapatkan motor ini dengan harga yang sangat murah, karna harga yang terlalu murah biasanya ada sesuatu didalamnya. Pernah kejadian pada saat saya lagi service motor, ada seseorang yang membeli motor New Kawasaki Ninja 150 RR tahun 2013 (ban cacing cungkring banget, mungkin demen drag liar kali ya ? hehe) dengan harga cuman 20juta kurang dikit saja!,edan....murah sekali bukan ?,

yang kebetulan sekali waktu itu juga akan di service. Ketika mengganti oli dengan yang baru, ternyata oli yang keluar berwarna seperti susu (mungkin tercampur oleh air radiator atau bisa juga yg lain), dari sini sang teknisi bertanya kepada si empunya motor (pemilik motor yang baru).

T : Mas, ini ada yang bocor didalamnya, oli nya warnanya jadi kayak susu gini.
P : Oh knp itu mas? 
T : Ntar dicek dulu ya, ini oli mesin tercampur dengan air lain , bisa dari radiator, air hujan, dll.
P : OK, mas
T : Emang, jarang servis yah ?
P : Ini juga baru beli sih mas
T : Beli brp ?
P : Hampir 20juta mas.
T : Wah murah bener, jangan2x penyakitan nih motor.
P : *nyengir aja*

Masalah tidak berhenti di situ saja, ketika mesin motor di hidupkan, sang teknisi sepertinya hapal bener bunyi mesin yang sehat itu bagaimana, dan akhirnya teknisi menyarankan agar motor di bongkar / service besar. Ketika service besar berlangsung, alangkah kagetnya ketika dia melihat piston / sehernya udah baret banget (keliatan kasat mata), plus blok mesinnya juga udah bareeet !!, dan percakapan pun terjadi

T : Mas, nih liat, pistonnya baret, tp masih bisa jalan ya ? *sambil nyengir
T : Nih, blok mesinnya juga baret, harus di bubut nih kalau nggak mau beli baru, dibubutpun gak akan balik seperti baru mas, jadi mau gmn ??

Nah, sampai sini sang kuda besi saya sudah selesai diservice, dan sayapun pulang *padahal masih pengen tuh denegrin cerita mereka hehe. 2 minggu setelah itu saya balik ke bengkel untuk membeli oli samping, dan tau kah brosist ? motor ninja RR merah itu masih ada kwwkwk,dengan keadaan mesin udah diangkat, dan katanya lagi pesen blok mesin baru, piston dll jd inden plus total biaya kata teknisi yang handle abis total 5 jutaan, gila !. Nah makanya buat bro sekalian yang mau beli motor, khususnya ninja 2 tak, bukan maksud untuk menggurui para suhu, karna ini hanya sebatas sharing, sukur2x bisa berguna bagi yang mau beli ninja RR. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli ninja 2 tak.

Tahun Produksi.
Tahun produksi ini berkaitan dengan spesifikasi ninja 2 tak, mulai dari Serpico, RR Old CBU, RR Old CKD, sampai New RR, semua spesifikasinya beda , terutama blok mesin, dan karburator yang dipake. Jika motor udah berumur, konseueknsinya adalah part akan semakin susah plus bisa jadi mahal dipasaran, untungnya adl karna langka, jika dijual kembali suatu saat harga tidak akan jatuh.

Mesin.
Jangan berpatok kepada odometer, karna bisa direset. Biasakan untuk hidupkan mesin, coba dengarkan, apakah berisik atau tidak? jika perlu, bawa motir kawasaki. Ninja 2 tak yang sekarang menggunakan blok mesin 1855, dan kalau dulu yang ada pake 1878, bahkan ada yang pake PDK Gold , yang katanya lebih kuat terhadap gesekan.
Untuk mesin, kalau mau lebih puas harus dibongkar, diliat dinding silindernya baret atau nggak ? pistonnya udah gosong atau ngga ? karna hal beginian susah klo cuman di deteksi dari luar.

SuperKips.
Jika motornya sudah superkips, pastikan lapisan teflonnya masih ada, atau baret pemakaian wajar sih ok, tp lapisa teflonnya udah habis (karna biasanya ada yang suka dikerik nih lapiasannya,entah lah buat apa? kwkw, yang jelas pabrikan kan nggak bego :p) siap2x aja untuk membeli yang baru. Untuk yang pake Hi-Kips saya nggak bisa share, karna ga punya motornya juga, mungkin ada yang mau jelasin? monggo ya.

Karburator.
Ninja RR yang sekarang memakai karburator Mikuni / VM28, penyakitnya adalah jika pemakaian lebih dari 1 tahun, cuaca lagi hujan / dingin, gas suka nyangkut , rpm malah teriak ketika kopling ditarik. Jadi untuk karbu ini, coba minta dicek, lapisan teflon di skepnya masih ada atau nggak ? kalau udah baret, siap2x aja pas musim hujan gas nya nyangkut / autopilot. Solusi ? kata netizen sih ganti karbu PWK28 atau PE28, saya sendiri pengen ganti, cmn mau test real dulu hehe.

Rangka.
Jika motor pernah jatuh parah, tabrakan , biasanya rangkanya miring, atau ada part2x yang las.Karna jika rangka udah miring, susah ngebenerinnya, kalaupun ke tukang bubut, nggak menjadi presisi seperti pabrikan. Harga rangka baru sekitar 1.5juta keatas, inden 1 bulan.

Untuk hal2x yang belum saya sebutkan, seperti fairing, ban, lampu2x dan kelistrikan,mungkin masbro lebih paham, jd monggo dinilai sendiri dan jika ada yang salah atau ketinggalan, monggo di sampaikan di kolom komentar.

Semoga Berguna

2 comments:

  1. MAKASI INFONYA KEBETULAN MAU BELI NINJA RR SECOND

    ReplyDelete
  2. Terimakasih bg saranya, saya lagi cari k rr juga, semoga dapat yg sehat

    ReplyDelete